Diskominfo Dorong Pasarkan Produk UKM Melalui KIM

Kontribusi dari ADMIN SIBER, 17 Juli 2018 07:59, Dibaca 225 kali.

KUALA KAPUAS – Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kapuas Dr. Suwarno Muriyat, S.Ag, M.Pd didampingi Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Inop serta Kepala Seksi Tinjau Langsung Lokasi Kerajinan Rotan Di Desa Pulau Telo Baru Kecamatan Selat, Selasa (17/7) pagi.

Kedatangan Tim Kominfo ke rumah salah satu pengrajin rotan Selamet merupakan tindak lanjut hasil kunjungan pengelola Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Gusti Mahfuz, S.Kom, MA  beberapa waktu lalu  pada Pekan KIM yang dilaksanakan di halaman Kantor Walikota Kota Batu Jawa Timur.

(Baca Juga : Diskominfo Sampaikan Informasi Melalui Medsos)

Dalam kunjungan tersebut Plt Kadis Kominfo Suwarno menyampaikan maksud kedatangan tim tidak lain adalah untuk mendukung Usaha  yang termasuk kategori Usaha Kecil Menengah (UKM)  dalam meningkatkan promosi kepada konsumen untuk lebih luas lagi melalui jaringan internet dibawah pengelolaan Dinas Kominfo.

“UKM di Kabupaten Kapuas memiliki potensi yang baik dalam menunjang kesejahteraan masyarakatnya, oleh karena itu perlu adanya dukungan pemasaran dan promosi produk yang lebih luas lagi dengan bersinergi bersama pemerintah dalam hal ini Diskominfo yang sudah memiliki rancangan untuk memberi wadah bagi UKM  agar dapat  mengembangkan usahanya melalui jaringan internet,”  tutur Suwarno.

Lebih lanjut diterangkan juga Kominfo berperan sebagai pembina sekaligus mengkoordinir KIM yang sudah terbentuk di beberapa Kecamatan dan Desa sehingga dapat diikut sertakan dalam pameran yang diadakan Provinsi maupun Nasional.

“Jadi pengrajin kita dan masyarakat kita tidak takut lagi mau memasarkan produk kemana karena pada  website yang telah dikelola akan ada banyak produk dari Kabupaten Kapuas yang terintegrasi melalui KIM dan dapat langsung menjadi referensi bagi para konsumen,” ungkapnya.  

Selanjutnya pengelola Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Gusti Mahfuz menyampaikan secara teknis produk UKM yang telah terdaftar di KIM akan dikelola informasinya yang dapat diakses melalui laman website yang dikelola oleh Diskominfo Kapuas.

“Portal website Diskominfo dapat diakses oleh siapa saja sehingga para pengusaha kerajinan dapat juga memantau nantinya hasil kerja Diskominfo, dan ini tidak dipungut biaya karena tugas melayani Kominfo adalah memberi Informasi seluas-luasnya kepada masyarakat secara umum,” jelas Gusti.

Menanggapi hal tersebut Selamet pemilik Usaha UD Nabil Rehan Rotan mengungkapkan rasa terima kasihnya atas perhatian untuk pengembangan usaha yang telah ia dan istrinya dirikan.

“Produk yang telah dibuat sudah sampai keluar daerah hanya saja sejauh ini memang konsumen biasanya mengambil  produk mentah yang kemudian diolah kembali, dan kalau ada promosi seperti ini yang difasilitasi pemerintah pasti akan lebih banyak lagi yang mengetahui produk kita,” ujar Selamet. (hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta