Kamis, 28 Maret 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Kesehatan

Promkes RSUD Kapuas tentang Hipertensi

by RSUD KAPUAS - 2020-02-25 10:00:00 1,007 Dibaca
Promkes RSUD Kapuas tentang Hipertensi PROMKES – Tim PKRS RSUD Kapuas saat melakukan kegiatan rutin yaitu Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) dengan Materi Penyuluhan tentang Hipertensi bertempat di Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD) Kabupaten Kapuas Jalan DI Panjaitan, Selasa (25/02/2020) pagi.
Promkes RSUD Kapuas tentang Hipertensi PROMKES – Tim PKRS RSUD Kapuas saat melakukan kegiatan rutin yaitu Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) dengan Materi Penyuluhan tentang Hipertensi bertempat di Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD) Kabupaten Kapuas Jalan DI Panjaitan, Selasa (25/02/2020) pagi.
Promkes RSUD Kapuas tentang Hipertensi PROMKES – Tim PKRS RSUD Kapuas saat melakukan kegiatan rutin yaitu Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) dengan Materi Penyuluhan tentang Hipertensi bertempat di Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD) Kabupaten Kapuas Jalan DI Panjaitan, Selasa (25/02/2020) pagi.

KUALA KAPUAS – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Kapuas kembali melaksanakan Kegiatan Rutin Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) yang mana diisi dengan Penyuluhan / Promosi Kesehatan Rumah Sakit oleh dr. Oktavia Putri Wulandari Effendi selaku Dokter Internsip, beserta Tim PKRS dengan Materi Penyuluhan tentang Hipertensi bertempat di Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD) Kabupaten Kapuas Jalan DI Panjaitan, Selasa (25/02/2020) pagi.

Pada kesempatan itu dr. Oktavia menerangkan bahwa Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi saat tekanan darah berada pada nilai 130/80 mmHg atau lebih. Kondisi ini dapat menjadi berbahaya, karena jantung dipaksa memompa darah lebih keras ke seluruh tubuh, hingga bisa mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit, seperti gagal ginjal, stroke, dan gagal jantung, hingga kematian.

(Baca Juga : Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) Seluruh Karyawan RSUD Kapuas )

“Untuk mengukur tekanan darah, dokter atau tenaga kesehatan biasanya akan memakaikan manset lengan tiup di sekitar lengan dan mengukur tekanan darah dengan menggunakan alat pengukur tekanan. Hasil pengukuran tekanan darah dibagi menjadi empat kategori umum, antara lain Tekanan darah normal, yaitu di bawah 120/80 mmHg, Tekanan darah tinggi, bila tekanan sistolik berada di kisaran 120-129 mmHg dan tekanan diastolik berada di bawah 80 mmHg,” terangnya.

Dirinya menjelaskan Tekanan darah adalah kekuatan yang diberikan oleh sirkulasi darah terhadap dinding arteri tubuh, yaitu pembuluh darah utama dalam tubuh. Tekanan ini tergantung pada resistensi pembuluh darah dan seberapa keras jantung bekerja. Semakin banyak darah yang dipompa jantung dan semakin sempit arteri, maka semakin tinggi tekanan darah.

Ditambahkannya Hipertensi dapat diketahui dengan cara rajin memeriksakan tekanan darah. Untuk orang dewasa minimal memeriksakan darah setiap lima tahun sekali. Hasil tekanan darah ditulis dalam dua angka yaitu Angka pertama (sistolik) mewakili tekanan dalam pembuluh darah ketika jantung berkontraksi atau berdetak dan Angka kedua (diastolik) mewakili tekanan di dalam pembuluh darah ketika jantung beristirahat di antara detak jantung.

“Hipertensi adalah salah satu penyakit yang sering disebut dengan pembunuh diam-diam karena penyakit ini tidak menyebabkan gejala jangka panjang. Namun, penyakit ini mungkin mengakibatkan komplikasi yang mengancam nyawa layaknya penyakit jantung. Jika tidak terdeteksi dini dan terobati tepat waktu, hipertensi dapat mengakibatkan komplikasi serius penyakit jantung koroner, gagal jantung, stroke, gagal ginjal, kebutaan, diabetes, dan banyak penyakit berbahaya lainnya. Stroke (51%) dan penyakit jantung koroner (45%) merupakan penyebab kematian akibat hipertensi tertinggi di Indonesia,” jelas dr. Oktavia

Ia mengungkapkan seseorang yang mengidap hipertensi akan merasakan beberapa gejala yang timbul yang mengakibatkan hipertensi, antara lain Sakit kepala, Lemas, masalah dalam penglihatan, nyeri dada, sesak napas, Aritmia dan adanya darah dalam urine. Bagi sebagian pengidap hipertensi, konsumsi obat harus dilakukan seumur hidup untuk mengatur tekanan darah. Namun, jika tekanan darah pengidap sudah terkendali melalui perubahan gaya hidup, penurunan dosis obat atau konsumsinya dapat dihentikan. Dosis yang sudah ditentukan merupakan hal yang penting untuk diperhatikan, karena takarannya disesuaikan dengan tingkat tekanan darah. Selain itu, obat yang diberikan juga harus diperhatikan apa saja dampak dan efek samping yang timbul pada tubuh sang pengidap.

Obat-obatan yang umumnya diberikan kepada para pengidap hipertensi, antara lain Obat untuk membuang kelebihan garam dan cairan di tubuh melalui urine. Hipertensi membuat pengidapnya rentan terhadap kadar garam tinggi dalam tubuh, untuk itu penggunaan obat ini dibutuhkan sebagai bagian dari pengobatan. Hipertensi membuat pengidapnya rentan untuk mengalami sumbatan pada pembuluh darah. Tujuan penggunaan obat ini adalah untuk menurunkan tekanan darah pengidap hipertensi, Obat penurun tekanan darah yang berfungsi untuk membuat dinding pembuluh darah lebih rileks, Obat penghambat renin yang memliiki fungsi utama obat untuk menghambat kerja enzim yang berfungsi untuk menaikan tekanan darah dan dihasilkan oleh ginjal. Jika renin bekerja berlebihan, tekanan darah akan naik tidak terkendali.

Selain konsumsi obat-obatan, pengobatan hipertensi juga bisa dilakukan melalui terapi relaksasi, misalnya terapi meditasi atau terapi yoga. Terapi tersebut bertujuan untuk mengendalikan stres dan memberikan dampak relaksasi bagi pengidap hipertensi. Pengobatan terhadap hipertensi juga tidak akan berjalan lancar jika tidak disertai dengan perubahan gaya hidup. Menjalani pola makan dan hidup sehat, serta menghindari konsumsi kafein dan garam yang berlebihan juga harus dilakukan.

"Pencegahan hipertensi dapat berbagai langkah pencegahan yang bisa dilakukan terhadap penyakit hipertensi, antara lain dengan mengonsumsi makanan sehat, mengurangi konsumsi garam jangan sampai berlebihan, mengurangi konsumsi kafein yang berlebihan seperti teh dan kopi, berhenti merokok, berolahraga secara teratur, menurunkan berat badan dan  jika diperlukan agar mengurangi konsumsi minuman beralkohol serta menghindari konsumsi minuman bersoda," pungkasnya. (PKRSKps/Hmskmf).

Share: