90 Siswa Ikuti KSN-SD Kabupaten

Kontribusi dari DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN KAPUAS, 13 Maret 2020 09:44, Dibaca 327 kali.

KUALA KAPUAS – Kompetisi Sains Nasional tingkat Sekolah Dasar (KSN-SD) Kabupaten Kapuas tahun 2020 diikuti oleh 90 orang siswa yang dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Kapuas Dr H Suwarno Muriyat yang dalam kesempatan itu diwakili oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas Yulianus Banuas Aden di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, Kamis (12/3/20) pagi ditandai dengan pemasangan tanda peserta dan penyerahan soal KSN-SD serta dihadiri oleh Pejabat dari Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas Yulianus Banuas Aden pada kesmepatan itu membacakan sambutan tertulis Kadisdik yang menerangkan bahwa kompetisi sains merupakan salah satu bentuk upaya pemerintah dalam mewujudkan program nawacita Presiden Republik Indonesia, yakni meningkatkan kwalitas hidup manusia Indonesia dan melakukan revolusi karakter bangsa yang akan dilaksanakan melalui Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dibidang sains. Ia juga menerangkan bahwa KSN-SD sebelumnya disebut Olimpiade Sains Nasional (OSN) sejak tahun 2003 dan pada tahun ini berubah menjadi Kompetisi Sains Nasional (KSN).

(Baca Juga : Wahana Ekspresi melalui Debat)

Lebih lanjut, ia juga menerangkan bahwa kompetisi tersebut dapat menjadi salah satu wadah untuk mengembangkan daya nalar. “Kompetisi ini adalah salah satu wadah strategis untuk mengembangkan daya nalar, kemampuan memecahkan masalah, kreativitas dan sportivitas peserta didik sehingga pada saatnya nanti mereka akan tumbuh menjadi generasi yang berkepribadian kokoh, kompetitif dan mandiri.

Diterangkannya pula bahwa KSN-SD dilaksanakan setiap tahun tidak hanya berorientasi pada kejuaraan akan tetapi esensinya terletak pada nilai pendidikan, yaitu menjadikan kegiatan tersebut sebagai pengalaman belajar serta meningkatkan rasa persaudaraan dan rasa persatuan antar generasi, memupuk sikap saling menghargai, menghormati, solidaritas begitu juga toleransi karena menang atau kalah bukanlah tujuan tetapi jadikan sebagai motivasi dalam rangka mencapai tujuan.

Sementara Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Franz Yulian melaporkan bahwa kegiatan pada hari itu mengambil tema Pendidikan Hebat Kapuas Cerdas wujudkan generasi  cerdas, berkarakter, tangguh dan adaptif terhadap perubahan. Adapun tujuan KSN-SD tahun 2020 adalah sebagai wahana kompetisi dalam bidang matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bagi peserta didik SD atau sederajat, dengan jumlah peserta 90 orang dari 13 Kecamatan yang terdiri dari 46 orang mengikuti KSN-SD bidang IPA dan 44 orang mengikuti KSN-SD bidang Matematika yang dilaksanakan di lima ruangan. Untuk peserta sendiri ia menerangkan masih duduk dikelas empat atau lima dengan usia maksimal 13 tahun dan untuk peringkat satu, dua, tiga pada bidang masing-masing nantinya akan mewakili Kabupaten Kapuas untuk mengikuti kompetisi tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang akan dilaksanakan di Kota Palangka Raya. (hmsdsdk/hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta