Peringatan World Kidney Day (Hari Ginjal Sedunia)

Kontribusi dari RSUD KAPUAS, 12 Maret 2020 08:00, Dibaca 259 kali.

KUALA KAPUAS - Pada Kamis, 12 Maret 2020 Pukul 08.00 WIB, bertempat di Ruang Tunggu Unit Hemodialisa RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas dilaksanakan Peringatan World Kidney Day atau Hari Ginjal Sedunia dengan mengadakan Penyuluhan / Promosi Kesehatan Rumah Sakit oleh dr. Daya Daryadijaya, Sp.PD (Dokter Spesialis Penyakit Dalam), beserta Tim PKRS dan Tim Hemodialisa.

dr. Daya menjelaskan pelayanan kesehatan terutama hemodialisa atau pelayanan cuci darah dapat terus maju dan terus berkembang, apalagi di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas sudah lama melayani pasien yang memerlukan tindakan pelayanan cuci darah apabila memiliki gangguan pada ginjal.

(Baca Juga : Launching Bantuan Sosial Beras untuk  Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan)

Di Indonesia sendiri, prevalensi penyakit ginjal kronis mencapai angka 3,8 permil. Angka tersebut meningkat dari 2,0 permil di tahun 2013 yang berarti ada 3.800 orang yang mengidap penyakit ginjal kronis dari satu juta orang. (Riskesdas 2018).

Dijelaskan pula, upaya pencegahan agar tidak mengalami gangguan fungsi ginjal dapat dilakukan dengan CERDIK yaitu Cek kesehatan secara rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin aktifitas fisik, Diet sehat kalori seimbang, Istirahat cukup, dan Kelola stres.

Acara yang berlangsung pada pagi hari itu mendapat sambutan antusias para pengunjung Unit Hemodialisa RSUD Kapuas yang bertanya seputar kesehatan ginjal. Pada kegiatan tersebut juga diisi dengan pembagian bingkisan dan air mineral sebagai simbol untuk mengajak masyarakat sayang ginjal dengan membiasakan minum air putih yang cukup. (RSUD/Hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta