Kamis, 28 Maret 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Berita Kegiatan SOPD

Ben Bantu Masyarakat Kabupaten Kapuas dengan Bagikan Masker dan Vitamin Gratis

by Op.SIBER_4 - 2020-03-27 18:47:00 786 Dibaca
Ben Bantu Masyarakat Kabupaten Kapuas dengan Bagikan Masker dan Vitamin Gratis BAGIKAN – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, Apendi bersama jajarannya saat membagikan masker kepada masyarakat Desa Pulau Telo Baru Kecamatan Selat, Jumat (27/3/2020) sore.
Ben Bantu Masyarakat Kabupaten Kapuas dengan Bagikan Masker dan Vitamin Gratis PENYEMPROTAN – Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas saat melakukan penyemprotan Disinfektan di Desa Pulau Telo Baru Kecamatan Selat, Jumat (27/3/2020) sore.
Ben Bantu Masyarakat Kabupaten Kapuas dengan Bagikan Masker dan Vitamin Gratis SOSIALISASI – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, Apendi didampingi Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas saat mensosialisasikan tentang pentingnya perilaku hidup sehat kepada warga Desa Pulau Telo Baru Kecamatan Selat, Jumat (27/3/2020) sore.

KUALA KAPUAS – Sesuai dengan arahan Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Kapuas bergerak cepat dan turun langsung membagikan Masker dan Vitamin C kepada masyarakat Kabupaten Kapuas, yang mana pada kali ini dilakukan di Desa Pulau Telo Baru, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas, Jumat (27/3/2020). Kegiatan tersebut dilakukan sebagai langkah pencegahan sekaligus sosialisasi kepada masyarakat guna mencegah penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di wilayah Kabupaten Kapuas.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, Apendi mengatakan untuk sekarang status kondisi di Kabupaten Kapuas masih dinyatakan dalam zona hijau yang mana keadaan ini harus dipertahankan. Dirinya berharap keadaan tersebut agar dapat terus dijaga dan dipertahankan , sehingga tidak sampai masuk ke zona kuning maupun merah.

(Baca Juga : Gali Mekanisme Penyebaran Informasi, Komisi III DPRD Hulu Sungai Selatan Kunjungi Diskominfo Kapuas)

“Potensi terjadinya penyebara Virus Corona ini dapat disebabkan beberapa hal, salah satunya ada masyarakat yang baru datang dari luar negeri dan membawa virus tersebut kesuatu wilayah yang belum terkena wabah. Penyebab yang lain bisa juga terjadi saat adanya Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang melaksanakan perjalanan keluar daerah terjangkit dan juga adanya tenaga kerja asing yang selalu pulang pergi keluar negeri,” terang Apendi.

Kadis Kesehatan tersebut juga menjelaskan terkait adanya masyarakat dengan status Orang Dalam Pengawasan (ODP) di Kabupaten Kapuas yang mana sebelumnya terdapat tujuh orang yang berstatus Orang Dalam Pengawasan (ODP) dan bertambah menjadi 14 orang.

“Untuk masyarakat yang berstatus ODP ini akan dipantau secara terus menerus mulai dari semua keluarganya, dengan siapa saja melakukan kontak fisik dan dari mana asalnya. Hal tersebut dilakukan guna menjaga wilayah Kabupaten Kapuas agar tetap aman dan tercegah dari virus Covid-19 ini,” jelas Apendi.

Apendi mengatakan Bupati kapuas Ir. Ben Brahim S Bahat, MM, MT sangat fokus dan konsen dalam mencegah penularan virus Corona kepada masyarakat Kabupaten Kapuas, sehingga memerintahkan kepada jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas untuk turun langsung ke lapangan melakukan penyemprotan desinfektan di setiap sudut-sudut kota perumahan dan pasar pasar serta. Ben juga memerintahkan agar membagikan masker gratis kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kapuas serta vitamin untuk menjaga kesehatan masyarakat Kabupaten Kapuas.

Dirinya juga dalam kesempatan tersebut menyampaikan pesan Bupati Kapuas yang mana mengharapkan agar seluruh organisasi perangkat daerah di Kabupaten Kapuas untuk dapat membuat tempat cuci tangan dan bilik disinfektan yang sudah dilaksanakan oleh perangkat daerah di Kabupaten Kapuas. Selain itu juga meminta kepada seluruh Camat, seluruh Kepala Desa dan Lurah agar membuat Satgas Satgas dan mengambil langkah-langkah preventif yang harus dilaksanakan.

"Demikian juga dengan ketua ketua RT agar memberikan edukasi pemahaman kepada masyarakat agar berdiam di rumah itu lebih baik sebagai langkah guna memutus mata rantai penularan virus Corona dan menghimbau agar masyarakat mentaati gerakan hidup bersih dan sehat, serta mengawasi mobilisasi warganya baik yang berpergian atau yang datang di wilayahnya masing-masing," jelas Apendi.

Kemudian dirinya menambahkan, Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas telah melakukan berbagai macam kegiatan guna terus menggalakkan promosi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di wilayah Kabupaten Kapuas. “Diperlukan kerjasama dari seluruh masyarakat untuk terus melakukan penangkalan Virus Corona ini, dengan cara menjaga perilaku hidup sehat seperti mencuci tangan selalu, tidak keluar rumah untuk sementara waktu dan menjaga pola makanan dengan makanan yang bergizi,” pungkas Apendi. (hmskmf)

Share: