Sosialisasi Terus Dilakukan Demi Cegah Covid-19

Kontribusi dari EDITOR SIBER_2, 02 Mei 2020 03:07, Dibaca 279 kali.

 

KUALA KAPUAS - Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Kabupaten Kapuas tidak henti-hentinya dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang tata cara pencegahan penyebaran covid-19 di wilayah Kabupaten Kapuas. Setelah beberapa waktu lalu telah dilakukan sosialisasi di wilayah Kecamatan Kapuas Timur dan Pulau Petak, kali ini jajaran PC NU Kabupaten Kapuas kembali melaksanakan sosialisasi di Masjid Darul Aman, Kelurahan Mambulau, Kecamatan Kapuas Hilir, Sabtu (2/5/2020) pagi.

(Baca Juga : Inovasi TAJA TERBANG Wujudkan Kesejahteraan dan Kemakmuran Masyarakat Kapuas)

Kegiatan pun dihadiri Ketua Umum NU Kabupaten Kapuas KH Nurani Sarji, Rois Syuriah NU KH Muchtar Ruslan, Konsultan Humas Dr H Junaidi, Kasubbag TU Kemenag Kapuas H Hamidan, Camat Kapuas Hilir Hj Mahrita, pengurus Masjid dan Langgar di Kecamatan Kapuas Hilir, jajaran Aparat setempat dan juga MWC NU Kecamatan Kapuas Hilir dengan mengikuti protokol kesehatan yang telah ditentukan yaitu saling menjaga jarak dan menggunakan masker.

Ketua Umum NU Kabupaten Kapuas KH Nurani Sarji menjelaskan sosialisasi yang dilakukan ini guna memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk mengikuti anjuran-anjuran yang telah diberikan, baik dari Pemerintah, Fatwa MUI maupun Maklumat Kapolri guna menekan penyebaran dan mencegah penularan virus Corona di wilayah Kabupaten Kapuas.

"Dengan ditetapkannya Kabupaten Kapuas kedalam zona merah dan juga status tanggap darurat, maka semua wilayah harus mengikuti dan patuh dengan anjuran-anjuran yang sudah diberikan oleh Pemerintah walaupun di wilayahnya tidak ada yang terpapar. Ini semua berlaku sebab masih adanya masyarakat yang lalai dan tidak memahami kondisi yang terjadi sekarang ini," tegas KH Nurani Sarji.

Diwaktu yang sama, Rois Syuriah NU KH Muchtar Ruslan mengatakan anjuran yang telah diberikan oleh Pemerintah, para ulama dan Maklumat Kapolri tersebut hanya untuk satu tujuan, yaitu demi menjaga keselamatan semua masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu dirinya mengajak agar masyarakat saling menjaga diri dan tidak menjadi menyebar penyakit tersebut.

"Menurut pantauan di lapangan, masih ada masyarakat yang tidak menggubris dan lalai dengan anjuran yang telah diberikan, untuk itulah tugas kita yang telah memahami kondisi sekarang untuk menyadarkan kepada masyarakat yang masih lalai dalam menanggapi masalah tersebut," kata KH Muchtar Ruslan.

Kemudian ditambahkannya terkait dengan pelaksanaan ibadah di kondisi sekarang sesuai dengan Fatwa MUI nomor 14 tahun 2020 tentang penyelenggaraan ibadah dalam situasi wabah covid-19 maka Sholat Jumat dapat diganti dengan sholat Zuhur dirumah, pun begitu juga dengan shalat Tarawih yang dapat dilaksanakan dirumah.

"Sementara waktu untuk tidak melaksanakan ibadah yang bersifat mengumpulkan orang banyak dulu dan menggantinya dengan sholat dirumah, ini semua dilakukan agar kita dapat  memutus mata rantai penyebaran virus Corona sehingga keadaan dapat kembali normal," ungkapnya.

Pada kesempatan itu juga Konsultan Humas yang juga Kadis Kominfo Dr H Junaidi dalam sosialisasi tersebut menjelaskan terkait data perkembangan Covid 19 di Kabupaten Kapuas, dimana masih terdapat ODP dengan jumlah 6 orang, PDP 4 orang dan positif 11 orang. (hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta