Jumat, 29 Maret 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Berita Kabupaten dan Kota

Pos Pengamanan PSBB Di Kilometer 9 Basarang Cukup Ketat

by Opr. SIBER_1 - 2020-06-06 20:49:00 815 Dibaca
Pos Pengamanan PSBB Di Kilometer 9 Basarang Cukup Ketat
Pos Pengamanan PSBB Di Kilometer 9 Basarang Cukup Ketat

KUALA KAPUAS – Hari kedua pelaksanaan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah berlangsung lancar dan aman.

Salah satu titik pos pengamanan yang sangat vital dalam pelaksanaan PSBB di Kapuas adalah pos jaga yang berada di kilometer 9 Basarang karena disitu merupakan pintu masuk ke kota Kuala Kapuas dan sekitarnya atau ke Kalsel.

(Baca Juga : Ben Brahim Tinjau Ballroom, Usai Pembukaan MKNU Tahun 2019)

Ditlantas polda kalteng dipercayakan untuk melaksanakan pengamanan dan penyekatan dalam rangka PSBB dalam upaya memutuskan rantai penyebaran covid-19.

Personil berjumlah 12 orang yang ditempatkan di dua titik, pos PSBB Basarang dan pos PSBB Kapuas Timur dan dalam pelaksanaan tugas para personil diadakan apel serta diberikan arahan.

Perwira pengendali(Padal) atau komandan jaga di pos kilometer 9 Basarang, AKP Darwin mengatakan bahwa personil yang ditugaskan 15 orang dalam setiap regu, dari BKO 12 orang yaitu 6 orang di Basarang 6 orang di Anjir Serapat Timur perbatasan Kalteng Kalsel.

AKP Darwin Perwira yang pernah bertugas sebagai Kapolsek Basarang ini mengatakan bahwa pembagian tugas dalam pengamanan ini ada 3 ship setiap 12 jam secara bergantian dengan jumlah personil sebanyak 15 orang yang terdiri dari koramil, BNPB, Dishub, Polsek, Pol PP, dan Ditlantas Polda Kalteng.

“Sesuai dengan instruksi Bupati kita ini PSBB, paling tidak bagaimana agar kapuas ini bebas dari covid-19, memutus mata rantai virus ini, kita berupaya agar Kapuas ini aman bebas dari penyakit covid-19",tandas Darwin.

Ketentuan dan tindakan dalam pengamanan dan pemeriksaan adalah, pertama ditanya mau kemana, kemudian dicek KTP dan surat kesehatan dan itu dijaga serta diperiksa dengan cukup ketat.

Jika berKTP Banjarmasin menurut Darwin diarahkan terus ke Banjarmasin tidak boleh singgah masuk kota Kuala Kapuas, begitupun jika KTP Palangkaraya atau dari luar Kapuas tidak boleh singgah di Kota Kuala Kapuas. Itu adalah upaya untuk penyekatan agar covid-19 bisa putus.

“Jika mereka melanggar syarat dan ketentuan yang sudah ada itu maka pengendara disuruh kembali atau putar balik” tandas AKP Darwin,jumat(05/06/2020).

Kita himbau kepada masyarakat khususnya di Basarang supaya tidak ada kerumunan, jaga kesehatan, pakai masker dan cuci tangan apabila datang luar dan pulang kerumah sebaiknya cuci kaki dan tangan bahkan kalau perlu mandi”, pungkas AKP Darwin yang saat ini menjabat sebagai Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Kalteng.

Sebagian besar kendaraan yang lewat didominasi jenis angkutan barang seperti truk, mobil tangki atau pickup dan ada juga sebagian kecil mobil pribadi dan pengendara roda dua. (SH/hmskmf)

Share: