SatPol PP dan Damkar Kabupaten Kapuas Selenggarakan Tratib dan Tranmas

Kontribusi dari SATUAN POLISI PAMONG PRAJA DAN PEMADAM KEBAKARAN KABUPATEN KAPUAS, 10 Juni 2020 10:33, Dibaca 351 kali.

KUALA KAPUAS - Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) merupakan tanggung jawab Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Kapuas dalam menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat sebagai pelaksanaan tugas desentralisasi perangkat Pemerintah Daerah dalam menegakan Peraturan Pemerintah.

Peraturan Daerah dan Peraturan Bupati Kapuas (Perbup) Nomor 31 Tahun 2020 tentang pedoman pelaksanaan PSBB di Kabupaten Kapuas dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 di Kapuas.

(Baca Juga : Perjanjian Infrastruktur Sanitasi Di Tandatangani )

Kepala Bidang Trantib dan Trasmas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Kapuas Ahmad Rinzani, SE mengungkapkan, patroli yang dilakukan pihaknya bertujuan untuk pengamanan dan memantau kondisi wilayah Kota Kuala Kapuas dan sekitarnya agar tidak terjadi pelanggaran dan warganya benar-benar mematuhi Peraturan Bupati Tentang Pedoman PSBB.

“Patroli kami lakukan beserta dengan imbauan untuk mengikuti aturan PSBB dan patroli kita lakukan disetiap waktu terutama pada Pasar Induk Kuala Kapuas, tempat-tempat umum dan tempat tempat kuliner yang menjual makanan,” ungkapnya saat melakukan patroli di Kota Kuala Kapuas, Rabu (10/6/2020) pagi.

Pemantauan yang dilakukan pada warung makan, petugas masih mendapati beberapa masyarakat yang makan ditempat dan tidak di bungkus. “Mereka kami peringatkan agar makanannya di bungkus di bawa pulang dan diminta kepada penjual dan pembeli untuk menggunakan masker, serta untuk pemilik warung makanan atau penjual makanan menyediakan air cuci tangan beserta sabun," ucap Rinzani.

Selain melakukan penegakan hukum berkaitan dengan Perbup Nomor 31 Tahun 2020 tentang Pedoman PSBB, Satpol PP dan Damkar juga tetap melakukan penegakan Perda Nomor 5 Tahun 2011 tentang Ketertiban umum, Kebersihan dan Pertamanan, salah satunya adalah dengan tetap melakukan penindakan terhadap pedagang yang tidak mentaati dan memakai bahu jalan.

“Pedagang ini sudah kita himbau terus menerus dan diarahkan supaya kegiatan jual beli itu dilaksanakan dengan tertib, aman dan nyaman, dan diharapkan dengan himbauan kami masyarakat tetap menjaga ketertiban umum, kebersihan, tetap menjaga jarak atau Physical Distancing, mengunakan masker dalam bertansaksi serta ikuti aturan, bila himbauan secara persuasif masih bandel nanti ada exsekusi," pungkasnya. (satpolPP/hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta