Rapid Test Massal Bagi Petugas dan Warga Binaan Rutan Kelas IIB Kuala Kapuas

Kontribusi dari EDITOR SIBER_2, 17 Juni 2020 12:54, Dibaca 350 kali.

KUALA KAPUAS – Guna mendeteksi dini penyebaran Corona Virus Desease 2019 (Covid-19), Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas bekerja sama dengan Kementerian hukum dan Hak Asasi Manusia Kantor Wilayah Kalimantan Tengah Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kuala Kapuas melakukan Rapid Tes Massal terhadap para Pegawai Rutan dan Warga binaan di Rutan Kelas IIB Kuala Kapuas, Rabu (17/6/2020) pagi.

Kegiatan ini dalam rangka mewujudkan resolusi pemasyarakatan Tahun 2020, yang dipandang dan perlu adanya sinergi dan kolaborasi antara pemasyarakatan dan stakeholder lainnya. Untuk itu Dinkes dan Rutan Kelas IIB Kuala Kapuas melakukan Rapid Diagnostic Test (RDT) massal kepada 57 Petugas Rutan dan 276 Warga Binaan pemasyarakatan yang dilaksanakan pada 17 dan 18 Juni 2020.

(Baca Juga : Ben Brahim Hadiri Natal SPB Jemaat GKE Tewah )

Kepala Rutan Kelas IIB Kuala Kapuas Toni Aji Priyanto mengatakan selama masa pandemic ini berlangsung para warga binaan tidak diizinkan untuk dijenguk oleh keluarga dikarenakan agar mencegah orang dari luar membawa virus tersebut.

“Selama Pandemic ini keluarga dari Warga Binaan kami tidak kami izinkan dibesuk atau menjenguk para warga binaan sudah tentu untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Rutan ini. Selain itu disini kegiatan – kegiatan yang bersifat positif tetap kami lakukan agar para Warga pemasayarakatan tidak jenuh,” ucapnya.

Setelah itu Toni Aji juga menambahkan bahwa warga binaan yang ada di Rutan Kelas IIB Kuala Kapuas melakukan kegiatan yang positif seperti membudidayakan ikan, menanam sayur mayur untuk dipanen dan hasilnya diperuntukan bagi warga binaan itu sendiri. “Selain itu pun mereka juga biasanya membaca buku diperpustakaan, membuat meubel dan beternak itik, jadi warga sini kami berdayakan untuk kepentingan mereka sendiri,” ungkapnya.

Kemudian ditempat yang sama Kepala Dinas Kesehatan Apendi melalui Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Primer dan Tradisional Eka Pristalita menyampaikan ini adalah bentuk kepedulian dari Pemerintah Kabupaten Kapuas terhadap Warga Binaan yang difasilitasi oleh Dinkes.

“Dan salah satu alasan melakukan rapid tes ini selain merupakan wujud kepedulian Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas terhadap warga binaan yang ada di Rutan Kelas IIB Kuala Kapuas ini juga untuk mendeteksi dini, mencegah serta mengendalikan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kapuas,” tuturnya.(hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta