Jumat, 29 Maret 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Berita Kegiatan SOPD

Kapuas Kuala Target Sentra Industri Peningkatan Ekonomi Kerakyatan

by Op.SIBER_4 - 2020-06-23 14:49:00 879 Dibaca
Kapuas Kuala Target Sentra Industri Peningkatan Ekonomi Kerakyatan Plt Kepala Disperindagkop UKM Kabupaten Kapuas Batu Panahan, SH
Kapuas Kuala Target Sentra Industri Peningkatan Ekonomi Kerakyatan Plt Kepala Disperindagkop UKM Kabupaten Kapuas Batu Panahan, SH

KUALA KAPUAS – Kecamatan Kapuas Kuala, Kabupaten Kapuas terkenal dengan kecamatan yang memiliki berbagai macam potensi khususnya potensi hasil perikanan, dikarenakan kecamatan tersebut wilayah Daerah Aliran Sungainya (DAS) berbatasan dengan laut.

Namun, potensi tersebut selama ini belum diolah secara maksimal, untuk itu Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Perdagangan Perindustrian dan Koperasi Usaha Mikro Kecil menargetkan Sentra Industri Peningkatan Ekonomi Kerakyatan di Kecamatan Kapuas Kuala, yang nanti  rencananya akan direalisasikan pada tahun 2021.

(Baca Juga : Pemkab Gelar Sosialisasi Bela Negara)

Hal tersebut diungkapkan oleh Plt. Kepala Disperindagkop UKM Kabupaten Kapuas Batu Panahan saat ditemui Selasa (23/6/2020) kemarin. Dia mengatakan pengembangan ekonomi kerakyatan merupakan strategi pembangunan yang menempatkan sektor ekonomi rakyat sebagai sasaran utama pembangunan.

“Sentra Industri wajib dicanangkan di Kecamatan Kapuas Kuala, karena wilayah kecamatan ini memiliki potensi sumber daya kelautan yang berlimpah,” katanya.

Kemudian, lanjut dia, yang terpenting adalah masyarakat sudah siap menghadapi pasar bebas ekonomi asia, untuk itu perlu dukungan dari pemerintah kecamatan dan desa melalui BUMDes untuk mempromosikan hasil produksi lokal.

Batu Panahan berharap kesiapan produk olahan warga terakomodir untuk melalui pangsa pasar yang disiapkan baik melalui pasar tradisional atau pun Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan nantinya dipromosikan di jual beli online dan diakomodir oleh bidang perdagangan.

“Ke depan untuk pemasaran hasil olahannya akan dibantu melalui jual beli online sehingga pengembangan sentra industri hilir bisa berkembang disana. Kami sudah berkoordinasi dengan pihak kecamatan disana,” ungkapnya.

Kemudian, lebih lanjut, dia mengatakan untuk memaksimalkan program itu harus disiapkan infrastruktur jalan dan jembatan serta pasar. Yang paling utama perlu disiapkan Sumber Daya Manusia (SDM). Apabila Sentra, ia mengatakan pihaknya akan melatih keterampilan warga disana sesuai dengan keahlian mereka.

Ia menuturkan, jika SDM sudah dipersiapkan, kemudian peralatan industri untuk pengolahan keripik undang, maupun ikan asin untuk membantu pengolahan produk olah masyarakat melalui tangan terampil yang sudah dipersiapkan.

“Paling tidak masyarakat sebagai pelaku usaha mampu mengolah hasil perikanan tersebut sehingga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat,” pungkasnya. (hmskmf)

Share: