Ben Kenalkan Inovasi SPA Antisipasi Karhutla Kepada Presiden RI

Kontribusi dari EDITOR SIBER_2, 10 Juli 2020 15:27, Dibaca 634 kali.

 

KUALA KAPUAS - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) selalu mengancam di Indonesia, terutama provinsi yang memiliki lahan gambut, termasuk Kalimantan Tengah umumnya dan Kabupaten Kapuas. Guna mengantisipasi Karhutla saat musim kemarau, maka diperlukan inovasi agar dapat memadamkan api.

(Baca Juga : Wabup Hadiri Pengukuhan PBWI Kabupaten Kapuas )

Bupati Kapuas Ir. Ben Brahim S Bahat,MM, MT memperkenalkan inovasi Sistem Penyediaan Air (SPA) untuk penanggulangan Karhutla kepada Presiden RI Ir Joko Widodo dan jajaran terkait ketika datang ke Desa Bentuk Jaya Kecamatan Dadahup Kabupaten Kapuas, Kamis (9/7) lalu.

Menurut Ben, SPA ini berjalan dengan kontruksi sederhana sumur bor dangkal, kolam penampungan sederhana dan konfigurasi sumur bor serta embung. "Dengan SPA ini biaya lebih murah, juga efektif dan efisien dalam penanganan Karhutla," ungkap Ben Brahim S Bahat.

Bupati Kapuas dua periode ini, menjelaskan karena secara realita upaya pemadaman Karhutla seperti water boming, sekat kanal, dan hujan buatan tidak efektif dan efisien, makanya diusulkan konstruksi sederhana yang diyakini lebih efektif dan efisien.

"Sumur bor dangkal dengan menggunakan tenaga angin dan kolam (embung), penampungan air sederhana untuk menampung air yang mengalir dari sumur bor dangkal dan secara terus-menerus selama ada angin," beber Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kalteng ini.

Ben menjelaskan, konsepnya petakan titik rawan Karhutla dan dibangun SPA, sehingga ketersediaan air akan ada ketika musim kemarau mapun terjadi KarhutlaKarhutla, sarena selama ini sangat kesulitan air ketika ada Karhutla, apalagi lokasinya yang sulit ditempuh dengan armada kebakaran.

"Fungsi lain dari sistem ini, juga dapat dimanfaatkan untuk kolam ikan, pertanian, rekreasi dan lainnya karena satu SPA bisa mengisi lebih dari satu embung," tutupnya.(hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta