Menghadapi Transisi New Normal

Kontribusi dari EDITOR SIBER_2, 13 Juli 2020 15:17, Dibaca 1,761 kali.

KUALA KAPUAS - Penyebaran pandemi Covid-19 belum juga usai melanda Indonesia, termasuk di Provinsi Kalteng umumnya, dan Kabupaten Kapuas khususnya, sehinggan adanya kondisi ini, maka semua dituntut mengikuti perkembangan untuk menyesuaikan dengan kondisi baru. Apalagi di tengah, turun naiknya kasus Covid-19 yang tidak menentu.

Namun akhirnya, semua harus mengikuti rutinitas dengan kebiasaan baru (New Normal), dimana yang berbeda dari sebelumnya. Sebagian dari masyarakat mungkin sudah bisa bersyukur, dan menikmati keadaan berkumpul dengan keluarga.

(Baca Juga : Bupati Serahkan Bonus Atlet Berprestasi)

Menurut Ketua Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Kabupaten Kapuas, Dr. H. Junaidi, MAP, M.Kes, pandemi Covid-19 ternyata belum menunjukkan tanda akan usai, atau berakhir. Bahkan seluruh dunia masih berupaya berjuang bersama-sama menanganinya, dan berusaha menemukan vaksin. Hal ini membuat belum bisa dipastikan kapan pandemi Covid-19 akan berakhir.

"Sementara itu, berbagai sektor kehidupan mulai menunjukkan dampak pandemi Covid-19, sehingga dengan terpaksa kita diharuskan bisa beradaptasi begitu istilahnya, atau bisa disebut dengan adaptasi kebiasaan baru," ucap Junaidi, Senin (13/7).

Seperti apa, sih adaptasi kebiasaan baru terutama di Kapuas?. Lanjut, Junaidi, adaptasi kebiasaan baru adalah cara merubah perilaku, gaya hidup, dan kebiasaan. Keadaan dimana ketika PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di Kabupaten Kapuas berlangsung, dan diperpanjang dibeberapa kecamatan saja, atau sebagian kecamatan lain, mulai dilonggarkan sesuai dengan perkembangan kasusnya.

"Protokol kesehatan tetap, dan wajib dilakukan, kita tetap bisa produktif, serta tetap berhati-hati dengan kebiasaan baru ini, dengan tetap waspada mencegah terjangkit Covid-19," jelasnya.

Adaptasi kebiasaan baru ini dilakukan utamanya kesiapan rumah ibadah terutama masjid yang biasa rutin Sholat berjamaah, pasar, toko toko,mini market, perkantoran, transportasi, dan warung, rumah makan, bisa dilakukan saat wilayah sudah menjadi zona aman (zona hijau) yang dihitung berdasarkan data, serta fakta di lapangan yang dinamis.

Pemetaan zona terbagi menjadi Zona hijau : zona tidak terdampak, Zona kuning : zona dengan tingkat resiko rendah, dan Zona merah : zona dengan tingkat resiko tinggi.

"Kita tetap harus melaksanakan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, etika batuk, jaga jarak ideal, rajin mencuci tangan dengan sabun, olahraga teratur, dan mulai membiasakan konsumsi buah dan sayur bergizi serta multi vitamin dan mineral untuk meningkatkan daya tahan tubuh," beber Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Kapuas ini.

Junaidi mengakui, jika daya tahan tubuh meningkat Covid-19 lewat. Selain itu, perhatikan juga situasi dan kondisi tempat bekerja. Jika terpaksa harus tetap bekerja di kantor, atau harus melakukan kegiatan luar ruang, ingat Saat kembali ke rumah,jangan masuk kamar tidur keluarga, jangan bersentuhan dengan anggota keluarga sebelum mandi membersihkan diri.

Kemudian segera mencuci pakaian dan masker dengan deterjen, jangan biarkan tersimpan menggantung dalam waktu lama. Bersihkan handphone, tas, benda lain dengan disinfektan. Tingkatkan daya tahan tubuh dengan asupan yang bergizi seimbangan dan konsumsi multivitamin  serta istirahat cukup.

Selanjuntya jaga kesehatan mental dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan bersama keluarga. Jika menerima tamu sediakan hanya diteras rumah dengan jaga jarak dan jika ada barang atau paket barang kiriman datang lakukan pembukaan diluar rumah atau desinfeksi.

"Adaptasi kebiasaan baru, bisa berjalan secara efektif, jika kita mau menaati, dan konsisten dengan protokol kesehatan yang ada. Kata kuncinya adalah PATUH dan DISIPLIN," tegasnya.

Diharapkan, kata Junaidi, segala lapisan bisa memahami, mematuhi, dan menjalankan kebisaan baru ini dengan sebaik-baiknya, agar kita bisa tetap beraktivitas dengan kebiasaan yang baru dan terhindar dari penularan dan penyebaran Covid-19.

"Ayo Bersama Mulai Kebiasaan Baru, dan Konsisten Terapakan Protokol Kesehatan, itu tidak lain untuk kesehatan serta keselamatan bersama. SALAM SEHAT," tutupnya. (alh)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta