Selasa, 19 Maret 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Berita Kabupaten dan Kota

Arkeolog Kuta Bataguh Terus Dikembangkan

by Opr. SIBER_1 - 2018-09-05 14:13:00 1,746 Dibaca
Arkeolog Kuta Bataguh Terus Dikembangkan
Arkeolog Kuta Bataguh Terus Dikembangkan

KUALA KAPUAS – Pemerintah Kabupaten Kapuas laksanakan rapat pembahasan terkait hasil penelitian Arkeolog Kuta Bataguh, yang dipimpin langsung oleh Kepala Bapppeda Kabupaten Kapuas Yan Hendri Ale didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permuiman Kabupaten Kapuas (PUPRPKP) Kabupaten Kapuas Septedi, Selasa (4/9) siang di  Aula Dinas PUPRPKP Kabupaten Kapuas.

Rapat pembahasan tersebut membuktikan keseriusan Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas untuk terus mengembangkan Arkeolog  Kuta Bataguh, sesuai dengan apa yang sudah dipaparkan secara detail oleh Tim Arkeolog dari Balai Arkeologi Kalimantan Selatan, Balai Pelestari Budaya Kalimantan Timur maupun Akademisi dari Universitas Palangka Raya yang bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Provinsi Kalimantan Tengah. Selain SOPD terkait rapat tersebut juga diikuti langsung oleh Tokoh Budaya atau Masyarakat yang juga Tokoh Adat di Kabupaten Kapuas Talinting E Toepak, Kiwok Rampay, dan Damang setempat.

(Baca Juga : Update Data Kasus Covid-19 di Kabupaten Kapuas (14 Mei 2020))

Sebelumnya Kadis PUPRPKP Septedi yang didampingi sejumlah Kepala Bidang pada Perangkat Daerah yang dipimpinnya menyatakan kesiapannya untuk ikut mendukung pencapaian situs Bataguh sebagai cagar Budaya melalui pemetaan, pemasangan batas-batas wilayah maupun pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan.

Yan Hendri Ale selaku pimpinan rapat pada kesempatan itu menerangkan atas pembahasan yang telah dilakukan maka semua pihak bersepakat untuk melibatkan langsung masyarakat setempat dalam pengamanan lokasi, mengaktifkan kembali tim penyusunan obyek wisata pada Dispora Kabupaten Kapuas serta melakukan Koordinasi lebih dalam kepada pihak-pihak yang terkait dan akan melakukan penetapan lokasi sebagai cagar budaya.

Masih di tempat yang sama H Suwarno Muriyat selaku Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kapuas yang juga mengikuti rapat tersebut menyampaikan siap untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait cagar budaya di Kecamatan Bataguh. “Kami akan siap memberikan informasi terkait cagar budaya yang ada di Kecamatan Bataguh ini kepada masyarakat terutama atas apa yang sudah berhasil ditemukan para pihak peneliti seperti puing-puing warisan budaya yang membuktikan bahwa disana dulu adanya Kerajaan sehingga kawasan tersebut mampu mendukung potensi wisata di Kabupaten Kapuas,”pungkasnya. (hmskmf)

Share: