Jumat, 29 Maret 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Berita Kabupaten dan Kota

Sambut Tahun Baru Islam, Masjid Al Mukarram Laksanakan Sholat Hajat Berjamaah

by Op.SIBER_4 - 2020-08-20 13:55:00 649 Dibaca
Sambut Tahun Baru Islam, Masjid Al Mukarram Laksanakan Sholat Hajat Berjamaah SHOLAT HAJAT – Suasana pelaksanaan sholat Hajat berjamaah yang dipimpin Ketua Umum MUI KH Nurani Sarji guna menyambut datangnya Tahun Baru Islam 1442 Hijriah, bertempat di Masjid Agung Al Mukarram, Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas, Rabu (19/8/2020) malam.
Sambut Tahun Baru Islam, Masjid Al Mukarram Laksanakan Sholat Hajat Berjamaah SHOLAT HAJAT – Suasana pelaksanaan sholat Hajat berjamaah yang dipimpin Ketua Umum MUI KH Nurani Sarji guna menyambut datangnya Tahun Baru Islam 1442 Hijriah, bertempat di Masjid Agung Al Mukarram, Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas, Rabu (19/8/2020) malam.

KUALA KAPUAS – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Kapuas bekerjasama dengan Badan Pengelola Masjid Agung Al Mukarram menggelar sholat hajat berjamaah yang disertai pembacaan yasin dan amalan lainnya guna menyambut datangnya Tahun Baru Islam yang jatuh pada hari Kamis tanggal 20 Agustus 2020 atau 1 Muharram 1442 Hijriah, bertempat di Masjid Agung Al Mukarram, Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas, Rabu (19/8/2020) malam.

Tampak hadir mengikuti kegiatan tersebut Ketua Umum MUI Kapuas KH Nurani Sarji selaku imam sholat hajat, Rois Syuriah NU KH Muchtar Ruslan, Ketua FKUB H Masyumi Rivai, Kepala Kemenag Kapuas H Ahmad Bahruni, Ketua Umum ICMI Kapuas Dr H Junaidi, Ketua Lakpesdam NU Ustadz Syarif Azhari, Ketua Harian PHBI Tomi Saputra serta tokoh agama lainnya dan masyarakat sekitar.

(Baca Juga : Bupati Kapuas Tegas Optimalkan Penanganan Karhutla )

Dalam ceramahnya KH Nurani Sarji menjelaskan bahwa awal perhitungan kalender islam disesuaikan pada awal waktu hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Yastrib (Madinah) dimana dimulai dari 1 Muharram.

Disampaikannya peristiwa hijrahnya Rasulullah SAW dari Mekkah ke Madinah merupakan titik balik kehidupan Nabi Muhammad SAW yang mana hijrah sendiri mengandung resiko yang tidak ringan, seperti harus meninggalkan segala yang menjadi kecintaan dan mengikhlaskan demi menggapai ridho Allah SWT.

Kemudian, menurutnya terdapat beberapa hikmah yang harus direnungkan dalam pergantian tahun ini diantaranya, agar dapat menjadikan ketulusan hati, kebulatan tekad dan kegigihan dalam menghadapi berbagai rintangan sebagai modal utama untuk membentuk masyarakat kokoh dan berakhlak mulia.

Hikmah lainnya, lanjut KH Nurani Sarji adalah untuk mengobarkan semangat perjuangan tanpa putus asa dan rasa optimisme yang tinggi, yaitu semangat berhijrah dari hal-hal yang buruk kepada yang baik dan bahkan ke hal-hal yang lebih baik lagi.

“Mari kita kokohkan semangat persaudaraan dengan terus membina hubungan yang baik antar sesama, seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW pada saat beliau mempersaudarakan antara kaum Muhajirin dengan kaum Anshar,” tutup KH Nurani dalam ceramahnya.

Sementara itu, menurut H Junaidi selaku Ketum ICMI Kapuas yang juga Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kapuas bahwa pelaksanaan shalat hajat ini dilaksanakan dalam rangka mendoakan agar pandemi Covid-19 di Kabupaten Kapuas , khususnya Kalimantan Tengah, Indonesia dan dunia pada umumnya segera berakhir dan diangkat penyakitnya oleh Allah SWT.

"Ini juga sebagai langkah kita untuk terus mendoakan agar Kabupaten Kapuas senantiasa diberikan kedamaian, keamanan, ketertiban dan kesejahteraan," tuturnya.

Selain melaksanakan sholat hajat berjamaah, kegiatan tersebut juga dirangkai dengan pembacaan yasin, istighotsah kubro, tahlil dan shalawat asyghil yang kemudian dilanjutkan dengan sholat isya berjamaah. (hmskmf)

Share: