Jumat, 19 April 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Pertanian & Pangan

Program Open Camp Bunga Mawar, Rutan Kelas IIB Kapuas Lakukan Panen Perdana

by Op.SIBER_4 - 2020-09-03 14:41:00 650 Dibaca
Program Open Camp Bunga Mawar, Rutan Kelas IIB Kapuas Lakukan Panen Perdana PANEN PERDANA – Kepala Rutan Kelas IIB Kuala Kapuas Toni Aji Priyanto bersama undangan yang hadir saat menunjukkan hasil panen padi dari lahan yang telah digarap warga binaan, dalam kegiatan panen perdana yang berlokasi di Desa Bunga Mawar Handel Gaben, Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas, Kamis (3/9/2020) pagi.
Program Open Camp Bunga Mawar, Rutan Kelas IIB Kapuas Lakukan Panen Perdana PANEN PERDANA – Kepala Rutan Kelas IIB Kuala Kapuas Toni Aji Priyanto bersama undangan yang hadir saat menunjukkan hasil panen padi dari lahan yang telah digarap warga binaan, dalam kegiatan panen perdana yang berlokasi di Desa Bunga Mawar Handel Gaben, Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas, Kamis (3/9/2020) pagi.

 

KUALA KAPUAS – Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Kuala Kapuas bekerja sama dengan Kelompok Masyarakat Peduli Permasyarakatan menjalankan program Open Camp Bunga Mawar dengan memanfaatkan lahan tidur, dimana dalam kesempatan tersebut dilakukan panen perdana yang berlokasi di Desa Bunga Mawar Handel Gaben, Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas, Kamis (3/9/2020) pagi.

(Baca Juga : Pelatihan Manajerial BPP Kostratani Angkatan I di Tamban Catur)

Sektor pertanian dianggap salah satu sektor yang sangat penting, sebab sektor ini menjadi penyedia pangan utama bagi masyarakat. Resolusi Permasyrakatan Tahun 2020 bertujuan untuk meningkatkan kualitas warga binaan guna menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) unggul melalui berbagai pelatihan keterampilan, salahsatunya mewujudkan ketahanan pangan melalui penanaman tanaman pangan.

Kepala Rutan Kelas IIB Kuala Kapuas, Toni Aji Priyanto dalam kesempatan tersebut menjelaskan dalam program ini pihaknya memulai proses awal dari bulan Maret tahun 2020 dalam mengelola lahan tidur di Desa Bunga Mawar yang disediakan oleh masyarakat sekitar.

“Pada lahan yang digarap ini, kami menanamkan bibit Padi Siam hasil sumbangan masyarakat dan pada kesempatan ini, sudah dapat kita panen bersama. Dari luas lahan 4 Hektar, yang baru tergarap seluas 1,5 Hektar dan kami akan berusaha untuk melanjutkan sisanya,” ungkap Toni Aji.

Diharapkan dengan dilakukannya panen perdana ini dapat mengundang para Stakeholder maupun instansi terkait agar ikut serta bersama-sama dalam mewujudkan Resolusi Permasyarakatan, terlebih khusus juga guna memberikan pemahaman bahwa para warga binaan juga dapat berprestasi melalui prosedur pembinaan.

“Kedepannya kami bercita-cita selain pengembangan sektor pertanian, juga dapat mengembangkan sektor lainnya seperti hortikultura, perikanan, unggas dan lain-lain yang memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya bagi para warga binaan sendiri,” tambah Tony.

Sementara itu, Camat Pulau Petak, Seflihi yang hadir dalam kegiatan panen perdana, menyambut baik dengan adanya program tersebut dan mengapresiasi seluruh jajaran Rutan Kelas IIB Kuala Kapuas beserta warga binaannya yang telah berhasil mengolah lahan yang sebelumnya merupakan lahan tidur, sehingga dapat dimanfaatkan menjadi lahan pertanian.

Hal senada juga diungkapkan Kades Bunga Mawar, Abdul Goni dimana dirinya mengharapkan lahan yang telah digarap ini dapat dimanfaatkan secara terus menerus, guna mengembangkan berbagai sektor selain dari pertanian.

“Keterlibatan kami dalam program ini hanya selaku penyedia lahan, untuk teknis pembukaan lahan, penanaman dan lain sebagainya, semuanya dilakukan oleh warga binaan Rutan. Dalam kesempatan ini kami juga berharap instansi terkait untuk ikut serta dalam membantu mengembangkan program ini kedepannya,” kata Abdul Goni.

Adapun luas lahan yang dimanfaatkan dalam program tersebut seluas 4 Hektar dengan digarap oleh warga binaan Rutan Kelas IIB Kuala Kapuas, sejak bulan Maret 2020 yang di awali dengan pembersihan lahan dan penanaman bibit Padi Siam sumbangan dari masyarakat sekitar. (hmskmf)

Share: