Jumat, 19 April 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Berita KIM (Kelompok Informasi Masyarakat)

Pemanfaatan Internet Desa Tingkatkan Bumdes dan Pengelolaan KIM

by Admin SIBER - 2018-09-10 15:20:00 1,809 Dibaca
Pemanfaatan Internet Desa Tingkatkan Bumdes dan Pengelolaan KIM
Pemanfaatan Internet Desa Tingkatkan Bumdes dan Pengelolaan KIM

KUALA KAPUAS – Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Kapuas  mengadakan Sosialisasi Pemanfaatan Jaringan Internet Dalam Penyebaran Informasi di Desa  yang dilaksanakan di Aula Kecamatan Basarang, Senin (10/9) pagi. Adapun peserta berasal dari 14 desa yakni Kepala Desa, Tim Pendamping Desa dan Tim Inovasi Desa.

Kegiatan sosialisasi pemanfaatan jaringan internet dalam pengelolaan informasi di Desa merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka meningkatkan kualitas dan kapasitas perangkat desa dalam pengelolaan informasi dan komunikasi serta untuk mengatasi keterbelakangan teknologi  Internet di pedesaan.

(Baca Juga : Vaksinasi Covid-19 di Desa Banama Kecamatan Pulau Petak)

Adapun narasumber dalam kegiatan tersebut yaitu Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kapuas Dr. H Suwarno Muriyat, S.Ag M.Pd, Kepala  Bidang Pemberdayaan Desa dan Kelurahan DPMDes Kabupaten Kapuas yaitu  Seplehi, dan Pengembang Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) yaitu Candra Hadijapnika, S.Kom.

Camat Basarang Drs. Aswan M.Si dalam sambutannya menyampaikan potensi di bidang pertanian dan kebudayaan di Kecamatan Basarang ini sangat baik, hal ini dapat menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Kapuas secara khusus di Kecamatan Basarang.  

“Banyak sekali potensi yang ada disini, dan sangat penting potensi-potensi desa untuk di publikasikan, dengan adanya sosialisasi seperti ini, saya berharap seluruh kepala desa dan perangkat desa yang hadir pada hari ini agar dapat berlomba menggali potensi yang sudah ada untuk terus dikembangkan dan mari kita publikasikan bersama  dan bersinergi dengan Dinas Kominfo melalui jaringan internet,” kata Aswan.

Plt. Kepala Dinas Kominfo Dr H Suwarno Muriyat, S.Ag M.Pd pada saat menyampaikan materi menanggapi harapan Camat Basarang mengenai Potensi Kecamatan Basarang yang sangat kaya, ia optimis akan terus meningkatkan pengelolaan dan pemanfaatan Informasi melalui Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) , Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) pembantu maupun melalui BUMDES. Dijelaskan lebih lanjut, Internet desa  dapat mempercepat publikasi  semua informasi mengenai potensi daerah baik dari bidang pertanian, pariwisata, kebudayaan, dan kerajinan.

“Kalau masyarakat kita melek internet, dan mampu mempublikasikan kekayaan potensi daerah kita, saya yakin Kabupaten Kapuas akan sejahtera,” ungkapnya.  (hmskmf)

Share: