Jumat, 29 Maret 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Berita Kegiatan SOPD

Disnaker Kabupaten Kapuas Laksanakan Kegiatan Dalam Rangka Penanggulangan Imbas Pandemi Covid-19

by Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kapuas - 2020-09-30 10:22:00 635 Dibaca
Disnaker Kabupaten Kapuas Laksanakan Kegiatan Dalam Rangka Penanggulangan Imbas Pandemi Covid-19 Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kapuas Raison, S.KM,MM
Disnaker Kabupaten Kapuas Laksanakan Kegiatan Dalam Rangka Penanggulangan Imbas Pandemi Covid-19 PENGERJAAN – Dinas Tenaga Kerja mengerjakan pembangunan sarana cuci tangan untuk Desa Saka Mangkahai, Kecamatan Kapuas Barat, beberapa waktu yang lalu.
Disnaker Kabupaten Kapuas Laksanakan Kegiatan Dalam Rangka Penanggulangan Imbas Pandemi Covid-19 HASIL – Dinas Tenaga Kerja ikut andil dalam penanggulangan imbas Covid-19 dengan membuat sarana cuci tangan untuk Desa Saka Mangkahai, Kecamatan Kapuas Barat, beberapa waktu yang lalu.

KUALA KAPUAS - Dalam rangka penanggulangan pengangguran secara nasional, pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan RI dan Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas memandang perlu melakukan program konkrit berupa pembinaan perluasan kesempatan kerja untuk masyarakat penganggur, setengah penganggur dan masyarakat miskin di wilayah kabupaten Kapuas. Salah satu bentuk kegiatan pembinaan dan perluasan kesempatan kerja tersebut adalah penciptaan lapangan kerja melalui Kegiatan Padat Karya Infrastruktur dan kegiatan Tenaga Kerja Mandiri/Kewirausahaan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dan potensi sumber daya daerah yang masih dapat dikembangkan, sebagai peluang peningkatan pendapatan masyarakat dan peningkatan perekonomian lokal khususnya masyarakat kabupaten Kapuas.

Dengan terjadinya kondisi luar biasa (KLB) akibat Pandemi COVID-19 berdampak terhadap kondisi sosial dan perekonomian masyarakat, dengan tersendatnya pertumbuhan perekonomian yang mengakibatkan terjadinya korban PHK dan pengangguran serta jumlah masyarakat miskin bertambah.

(Baca Juga : Asistensi Perubahan Renstra Tahun 2018-2023)

Bupati Kapuas melalui Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kapuas Raison, S.KM,MM menyampaikan bahwa Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kapuas mendapat bantuan dana Tugas Pembantuan dari Kementerian Ketenagakerjaan RI untuk kegiatan Padat Karya Infrastruktur sebanyak 4 Paket dengan lokasi pelaksanaan di Desa Lunuk Ramba Kecamatan Basarang, Desa Saka Mangkahai Kecamatan Kapuas Barat, Kelurahan Mandomai Kecamatan Kapuas Barat dengan jenis kegiatan yang dilaksanakan merupakan Pembangunan Sarana Cuci Tangan dan untuk Desa Pangkalan Rekan Kecamatan Basarang berupa Pembangunan Sarana MCK (Mandi, Cuci, Kakus).

Pelaksanaan kegiatan Padat Karya Infrastruktur di 4 lokasi tersebut dilaksanakan dari tanggal 17 September 2020 sampai dengan berakhir tanggal 26 oktober 2020.

Sedangkan kegiatan Penciptaan Wirausaha Baru Tenaga Kerja Mandiri (TKM) pada tahun 2020 Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kapuas mendapatkan 3 paket kegiatan pelatihan yang rencananya akan dilaksanakan berupa Pembekalan terhadap Peserta usaha Kuliner, Budidaya Ikan Kolam Terpal, dan Budidaya Madu Kelulut dengan lokasi di kecamatan Selat kabupaten Kapuas. Pelaksanaan kegiatan TKM direncanakan setelah kegiatan padat karya selesai dilaksanakan. Kegiatan yang di laksanakan berupa pembekalan peserta pelatihan selama 3 hari dan pemberian bantuan sarana usaha berupa alat untuk usaha baik Pelatihan Kuliner, Budidaya Ikan Kolam Terpal dan Budidaya Madu Kelulut.

“Harapan kami kedepannya, kegiatan seperti  ini dapat terus berkelanjutan bisa kita laksanakan guna mengurangi  pengangguran serta jumlah masyarakat miskin yang ada di kabupaten Kapuas khususnya ’’ Kata Kepala Dinas Tenaga Kerja kabupaten Kapuas, Raison, S.KM, MM. (Disnaker/hmskmf)

Share: