Rabu, 17 April 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Berita Kabupaten dan Kota

Siring Sebagai Salah Satu Alternatif Wisata di Kota Kuala Kapuas

by Op.SIBER_4 - 2020-10-15 08:39:00 1,200 Dibaca
Siring Sebagai Salah Satu Alternatif Wisata di Kota Kuala Kapuas SIRING – Objek Wisata Siring yang terletak di Jalan Tjilik Riwut Kota Kuala Kapuas
Siring Sebagai Salah Satu Alternatif Wisata di Kota Kuala Kapuas SIRING – Objek Wisata Siring yang terletak di Jalan Tjilik Riwut Kota Kuala Kapuas

 

KUALA KAPUAS – Ekowisata berkembang sebagai salah satu pariwisata alternatif dan diartikan sebagai perjalanan wisata alam yang bertanggungjawab dengan cara melakukan konservasi lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan lokal.

(Baca Juga : Keberhasilan PSBB Kapuas Tergantung Kepatuhan Masyarakat)

Hal itu terbukti dengan adanya salah satu ekowisata yang dibangun melalui Program Neighbourhood Upgrading Shelter Project Phase (NUSP02) di kawasan Handil Semangat, Kelurahan Selat Dalam, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas.  

Objek wisata siring ini berdiri dari tahun 2018 dan berada di jalan Tjilik Riwut kota Kuala Kapuas, di bangun di kedua sisi sungai yang mana mengitari belakang rumah masyarakat sekita. Objek wisata siring ini masih satu sungai dengan ekowisata kampung barasih.

Panjang objek wisata siring ini kurang lebih 183 meter dan melewati tiga gang, yaitu gang wahyu, gang cipta sejati dan gang damai. Seiring berjalannya waktu, menurut informasi yang didapat dari salah satu warga sekitar yaitu Zubaidah (44), Rabu (14/10/2020), perkembangan ekowisata Siring Kuala Kapuas tersebut masih dijadikan destinasi ekowisata bagi warga kota Kuala Kapuas dan sekitarnya.

Zubaidah mengatakan ekowisata siring ini masih ramai dikunjungi khususnya pada hari Sabtu dan Minggu. Ia mengaku bahwa dengan dibangunnya objek wisata siring wilayah tempat tinggalnya lebih indah dan bersih karena awalnya tempat ini hanya berupa sungai kosong. Ia pun berharap supaya ekowisata ini dapat terjaga dengan baik dalam hal kebersihan dan keindahannya.

Hal yang sama juga disampaikan salah satu pengunjung, Naza Azmi (24) yang mengapresiasi dengan adanya kawasan siring ini, karena dapat dijadikan spot untuk berfoto dan bersantai disore hari. (hmskmf)

Share: