Pentingnya Pelibatan Masyarakat Desa/Kelurahan dalam Restorasi Gambut

Kontribusi dari KECAMATAN KAPUAS MURUNG, 15 Oktober 2020 09:00, Dibaca 165 kali.

KUALA KAPUAS- Dalam rangka partisipasi masyarakat dan percepatan proses pemulihan ekosistem gambut berbasis desa, Badan Restorasi Gambut c.q Deputi Bidang Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan menyelenggarakan Program Desa Peduli Gambut, yang berlangsung di Aula Kecamatan Kapuas Murung, Kamis (15/10/2020) Pagi.

Adapun target Restorasi Gambut meliputi 7 (Tujuh) Provinsi salah satunya di Kalimantan Tengah dengan salah satu kegiatan pokok dalam pelaksanaan program Desa Peduli Gambut yaitu “Lokakarya Perencanaan Desa II” oleh Badan Restorasi Gambut Republik Indonesia.

(Baca Juga : Kelurahan Panamas Adakan Pemilihan Ketua RW)

Tujuan utama dari pelaksanaan Lokakarya Perencanaan Desa adalah tersedianya rumusan perencanaan perlindungan dan pemanfaatan ekosistem gambut secara bijak yang terintegrasi dalam rencana pembangunan desa dan kawasan.  Adapun anggaran untuk kegiatan Lokakarya Perencanaan Desa Gambut ini bersumber dari APBN BRG Tahun 2020. 

Lahan gambut umumnya tersusun oleh sisa-sisa vegetasi yang terakumulasi dalam waktu cukup lama dan membentuk tanah gambut. Dalam taksonomi tanah , gambut diklasifikaskan berdasar tingkat dekomposisi atau derajat pelapukan/penghancuran bahan organik, yaitu fibrik (belum melapuk) , hemik (setengah melapuk) dan safrik (sudah melapuk). (KpsMrng/hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta