Selasa, 19 Maret 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Pemerintahan Desa

Lokakarya Perencanaan Desa II oleh BRG di Kecamatan Bataguh

by Kecamatan Bataguh - 2020-10-19 15:56:00 618 Dibaca
Lokakarya Perencanaan Desa II oleh BRG di Kecamatan Bataguh LOKAKARYA - Kegiatan Lokakarya
Lokakarya Perencanaan Desa II oleh BRG di Kecamatan Bataguh LOKAKARYA - Kegiatan Lokakarya
Lokakarya Perencanaan Desa II oleh BRG di Kecamatan Bataguh

KUALA KAPUAS - Kegiatan Lokakarya Perencanaan Desa II, bertempat di Aula Kantor Kecamatan Bataguh di gelar, Jum’at (16/10/2020). Dalam acara tersebut dihadiri oleh Narasumber Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Tengah  Tri dan Narasumber Badan Restorasi Gambut (BRG) dari Pusat Jakarta, Usuf serta beberapa Kepala Desa dan Lurah diantaranya Desa Budi Mufakat, Terusan Raya, Terusan Baguntan Raya dan Kelurahan Pulau Kupang.

Tri selaku Narasumber dari Provinsi Kalteng, dalam motivasinya menyampaikan bahwa Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Tengah melalui Satker Tugas Pembantuan (TP) khususnya Kegiatan Revitalisasi Ekonomi, telah memberikan bantuan terkait beberapa usulan diantaranya dari Kelurahan Pulau Kupang yaitu Peternakan Ayam Kampung, Desa Terusan Raya yaitu Budidaya Ikan Nila dan  Desa Terusan Baguntan Raya yaitu Peternakan Sapi.

(Baca Juga : Perangkat Desa Diharapkan Berfungsi Penuh)

Untuk desa yang sudah diberikan bantuan diharapkan  bisa dikelola lebih lanjut dimana mengingat berakhirnya kegiatan sampai bulan Desember. “Diharapkan kepada desa agar bisa berkembang kekelompok-kelompok lain yang ada didesa, dimana bantuan yang diberikan untuk membantu ekonomi produktif pada desa – desa yang menjadi prioritas tahun 2020 di Kecamatan Bataguh,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu Yan Safriansyah, S.STP., M.Si  selaku Camat Bataguh juga menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat dan percepatan proses pemulihan ekosistem gambut berbasis desa.

Tujuan utama di adakan lokarya adalah tersedianya rumusan perencanaan perlindungan dan pemanfaatan ekosistem gambut secara bijak yang terintegrasi dalam rencana pembangunan desa dan kawasan, dengan penerima bantuan revitalisasi ekonomi di empat desa yaitu Kelurahan Pulau Kupang, Desa Budi Mufakat, Desa Terusan Raya dan Desa Baguntan Raya.

“Saya sangat berterima kasih kepada pihak BRG yang telah menjadikan beberapa Desa di Bataguh sebagai lokasi kegiatan, saya berharap pihak Desa dan Kelompok penerima bantuan program tersebut dapat mendukung sepenuhnya dengan sumber daya yang ada sehingga kegiatan dapat berjalan lancar sebagaimana mestinya,” tutur Yan Safriansyah.

Diharapkan kegiatan seperti ini dapat berkelanjutan di wilayah Kecamatan Bataguh, khususnya bagi desa-desa yang belum mendapatkan program kegiatan BRG. Pemerintah Desa harus selalu mendukung secara aktif segala macam bentuk program pemerintah demi kesuksesan program tersebut. (Btgh/hmskmf)

Share: