Jumat, 19 April 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Berita Kegiatan SOPD

Pokdakan Karya Membangun, Panen 5 Ton Patin

by Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas - 2020-10-26 09:36:00 747 Dibaca
Pokdakan Karya Membangun, Panen 5 Ton Patin Beberapa waktu lalu Tim Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas diundang Pokdakan Karya Membangun di Handel Bajang, Desa Bandar Raya, Kecamatan Tamban Catur.
Pokdakan Karya Membangun, Panen 5 Ton Patin Anggota POKDAKAN Karya Membangun memilah Ikan Patin yang usai dipanen.
Pokdakan Karya Membangun, Panen 5 Ton Patin Alat berat sewaan yang digunakan warga sekitar untuk membangun kolam ikan baru.

KUALA KAPUAS - Tim Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas mendapat kesempatan melihat langsung panen ikan Patin sebanyak  5.188 Kg melalui penyuluh perikanan di wilayah binaan Juli Astuti Dalimunthe. Kepala Bidang Pemberdayaan Pembudidaya Ikan Fatmawati, S.Pi bersama timnya diundang khusus oleh Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Karya Membangun yang berlokasi di Handel Bajang, Desa Bandar Raya, Kecamatan Tamban Catur, beberapa waktu yang lalu.

Ribuan kilo ikan Patin tersebut merupakan hasil pemeliharaan lanjutan secara swadaya setelah pertama mendapat bantuan dari Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas melalui DAK tahun 2017 lalu. Juli Astutie mengungkapkan bahwa jerih payah kelompok masyarakat tersebut akhirnya berbuah manis. “Kelompok ini memang mempunyai minat yang besar ditunjang dengan kerja keras masyarakat di sana yang juga sama besarnya, masyarakat sekitarnya pun tak segan turut ambil bagian biar bisa mereka nikmati sama-sama,” ucap Juli.

(Baca Juga : Jelang Harjad Kabupaten Kapuas, Disbudpora Lakukan Koodinasi Dengan Diskominfo)

Tak berakhir di sana, tim juga berkesempatan melihat alat berat yang disewa masyarakat untuk membuat 11 unit kolam ikan. Bakal kolam baru tersebut merupakan usaha lanjutan masyarakat yang begitu antusias atas keberhasilan sebelumnya. Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas dan KKP melalui BPBAT Mandiangin Kalimantan Selatan sendiri, sudah menyalurkan sebanyak 15.000 bibit ikan Patin untuk kelompok tersebut.

Muhammad Aripin selaku Ketua Pokdakan Karya Membangun begitu bangga saat dikunjungi oleh tim dari Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas. “Iya, Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas sendiri sengaja kita undang biar menyaksikan langsung hasil dan potensi yang kita punya guna menunjukkan beginilah kerja keras kami. Kalau misalnya nanti kami bisa usul pun kami ingin nantinya dibantu biar punya mesin sedot sendiri,” harapnya.

Kepala Bidang Pemberdayaan Pembudidaya Ikan Fatmawati, S.Pi. ikut bahagia melihat keberhasilan kelompok tersebut dan begitu mengapresiasi usaha yang sudah dikerahkan kelompok tersebut.

“Kita pun akan dukung kelompok yang mempunyai potensi besar seperti ini,  semoga nanti bisa lebih berkembang lagi dari pada ini,” pungkasnya.(perikanan/hmskmf)

Share: