Bimtek TIK 2020 Dalam Menciptakan SDM Unggul dan Berdaya Saing

Kontribusi dari EDITOR SIBER_2, 02 November 2020 13:39, Dibaca 226 kali.

 

KUALA KAPUAS – Dalam rangka meningkatkan daya saing dan produktivitas tenaga kerja industri bidang komunikasi dan informatika, Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP) Kominfo Banjarmasin, Badan Litbang SDM dan Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Tahun  2020, yang dibuka oleh Plt. Bupati Kapuas H M Nafiah Ibnor, MM, Senin (2/11/2020) pagi di Ballroom Hotel Permata Inn Kuala Kapuas.

(Baca Juga : Citra Keterbukaan Publik)

Bimtek ini dilaksanakan selama lima hari, dimulai dari tanggal 2 November 2020 hingga tanggal 6 November 2020 dengan mendatangkan narasumber-narasumber yang berkompeten dibidangnya masing-masing. Dalam Bimtek ini dibagi menjadi tiga bagian diantaranya Materi Kehumasan, Desain Grafis dan Ilmu Dasar Office. Khusus Desain Grafis dan Ilmu Dasar Office akan dilakukan ujian sertifikasi, dimana natinya para peserta akan mendapatkan sertifikat kelulusan.

Kegiatan itu disertai dengan Penandatanganan Nota Kesepakatan antara BPSDMP dan Pemerintah Kabupaten Kapuas tentang Pengembangan SDM dan Penelitian Komunikasi Informatika, yang ditandatangani oleh Plt. Bupati Kapuas H M Nafiah Ibnor, MM, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kapuas Dr. H. Junaidi, SE, SKM, M.AP, M.Kes dan Kepala BPSDMP Kominfo Banjarmasin Drs. Abdurahman Harahap serta sejumlah Kepala OPD diantaranya Inspektur Kapuas Heri Bowo dan Kepala BPKAD Yan Hendri Ale.

Plt. Bupati Kapuas dalam sambutannya mengatakan pada era globalisasi sekarang ini Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) sangat berguna dan sangat berarti sekali lagi bagi seseorang yang mempunyai profesi tertentu. Hal ini diperlukan untuk mengetahui seberapa besar kemampuan dan keahlian seseorang dalam melakukan sebuah pekerjaan.

“Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP) Kominfo Banjarmasin bersama Dinas Kominfo Kapuas karena telah memberikan peluang besar bagi angkatan kerja muda Indonesia di Kabupaten Kapuas untuk melakukan pengembangan sumber daya manusia di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan kegiatan ini sangat bemanfaat sekali dalam membantu angkatan kerja muda yang berada di Kabupaten Kapuas untuk memperoleh sertifikasi kompetensi melalui uji kompetensi sebagai buktik kepemilikan kompetensi standar yang dapat dimanfaatkan untuk mencari kerja.

Ia berharap, agar angkatan kerja muda di Kabupaten Kapuas tidak berdiam diri dan berpangku tangan, harus memiliki kemampuan dan keahlian, keterampilan serta profesionalitas.

“Jadilah generasi muda berprestasi, cemerlang dan gemilang. Menjadi generasi yang jauh dan terus menjauhkan diri dari pengaruh negatif globalisasi. Menjadi generasi muda yang dapat dibanggakan, kreatif, inovatif serta memiliki keunggulan kompetitif dan komparatif,” harapnya.

Sementara itu, Kepala BPSDMP Kominfo Banjarmasin Drs. Abdurahman Harahap dalam laporannya mengatakan tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk membantu masyarakat khususnya angkatan kerja muda mendapatkan sertifikasi kepemilikan kompetensi standar, SKKNI, sehingga diharapkan secara administrasi memiliki bukti kompetensi yang bermanfaat  untuk mencari kerja dan membuka lapangan kerja di bidang keahlian yang digeluti.

Sasaran yang ingin diraih adalah peserta mampu merubah sikap untuk terus belajar guna meningkatkan daya saing dan kompetensi baik untuk kompetensi diri sendiri, maupun kompetensi lingkungan masyarakat menuju SDM unggul dan SDM yang berdaya saing.

“Untuk bimbingan teknis kehumasan diharapkan peserta mampu memahami perencanaan kegiatan humas, menguasai konsep persiapan seminar, konferensi, lokakarya dan Master Of Ceremony (MC), memahami bagaimana mendokumentasikan kegiatan, melaksanakan dan mengevaluasi hubungan dengan media, serta memiliki kompetensi membuat perencanaan program kehumasan baik dan benar,” terangnya.

Bimtek ini berjalan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku dan peserta yang lulus seleksi berkas telah menjalani Rapid Test guna mematikan terbebas dari virus Covid-19.(hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta