Melalui Bimtek Kehumasan, Tingkatkan Program Pelayanan Masyarakat

Kontribusi dari EDITOR SIBER_2, 03 November 2020 14:10, Dibaca 188 kali.

 

KUALA KAPUAS – Dalam bidang Hubungan Masyarakat (Humas), terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan guna tercapainya suatu program yang diinginkan sehingga dapat tersampaikan kepada masyarakat luas.

(Baca Juga : Safari Ramadhan Bersama Warga Desa Kambang)

Melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) Kehumasan yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kapuas bekerjasama dengan Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP) Banjarmasin, dijabarkan tentang ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan dalam bidang kehumasan.

Bertempat diruang kerjanya, Selasa (3/11/2020)  Kadis Kominfo Kapuas Dr H Junaidi, SE, SKM, M.AP, M.Kes mengharapkan dengan dilaksanakannya pelatihan atau Bimtek ini maka Sumber Daya Manusia di bidang TIK dan kehumasan di Kabupaten Kapuas akan terpenuhi.

“Peserta dalam kegiatan ini berasal dari berbagai macam instansi maupun lembaga dan bahkan ada juga dari masyarakat umum, namun dengan masih dalam masa Pandemi Covid-19 dan mematuhi Peraturan yang ada, maka jumlah peserta dibatasi dengan hanya total 60 orang saja yang dapat mengikuti kegiatan ini dengan dibagi setiap bidang pelatihan hanya 20 orang saja,” ungkapnya.

Adapun Bimtek yang berlangsung selama lima hari mulai tanggal 2 - 6 November tahun 2020 ini dimaksudkan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya Pengelola Layanan Informasi, Pengaduan dan Kehumasan pada Perangkat Daerah maupun instansi yang ada di Kabupaten Kapuas, dibidang Teknologi, Informasi dan Komunikasi serta Kehumasan dengan dibagi menjadi dua jenis Bimtek yaitu Sertifikasi dan Non Sertifikasi.

Kepala BPSDMP Kominfo Banjarmasin, Abdurahman Harahap usai kegiatan Bimtek dihari pertama yang berlangsung di Ballroom Permata INN Kota Kuala Kapuas menyampaikan Bimtek kehumasan ini sangat diperlukan agar Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun Non ASN yang bertugas dibidang  berkaitan dengan komunikasi publik maupun humas  dapat memahami tentang tata cara kehumasan dan program-program didalamnya secara baik dan benar.

Tentu dengan peserta memahami bagaimana tata cara bagaimana membuat program yang baik dan benar, maka tahapan selanjutnya adalah pengaplikasian ilmu-ilmu melalui Bimtek kehumasan ini dimasing-masing kantor maupun instansi tempatnya bekerja.

“Kami mengharapkan ASN maupun Non ASN yang telah mengikuti kegiatan Bimtek ini dapat bekerja secara optimal dengan lebih mengetahui terkait keilmuan dibidang kehumasan, yang dalam hal ini khususnya hubungan komunikasi antara  Pemerintah dan masyarakat,” tutur Abdurahman.

Dalam kesempatan yang sama, Dr Netty Herawati selaku pemateri dalam Bimtek kehumasan ini menjelaskan melalui materi yang diberikan pada hari pertama ini, berfokus pada perencanaan program humas, yang dalam hal ini,  langkah awal dalam membuat program adalah perencanaan yang sempurna. Perencanaan dinilai sangat penting sebab untuk mencapai sasaran dan tujuan dari suatu program yang diinginkan.

“Apa saja yang dipahami dalam perencanaan Humas itu, pertama adalah membuat perencanaan mengenai apa tujuan dan sasaran program tersebut, kemudian bagaimana caranya melalui pendekatan komunikasi sehingga program tersebut dapat terimplementasikan dengan efektif,” ungkap dirinya yang juga Dosen di Universitas Tanjungpura Prodi Ilmu Komunikasi.

Menurutnya, pembuatan perencaaan harus detail,  dimulai dari siapa yang akan mengkomunikasikan, pesan-pesan mengenai program yang direncanakan dan tidak kalah penting juga adalah media apa yang digunakan untuk mengkomunikasikan terkait program yang direncanakan kepada masyarakat luas.

Tentu saja sambung dia, dengan berbagai macam hal tersebut, maka diperlukan pemahaman mengenai ilmu-ilmu terkait kehumasan dan melalui Bimtek inilah hal tersebut dapat dipelajari oleh para peserta.

Adapun Bimtek Sertifikasi yaitu Office Operator Tingkat Dasar dan Graphic Design Tingkat Dasar, sedangkan untuk Bimtek Non Sertifikasi yaitu Junior Telations/Kehumasan. (hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta