Jumat, 19 April 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Berita Kegiatan SOPD

Bimtek TIK 2020 Berjalan Lancar, Tingkat Kelulusan Mencapai 70 Persen

by Op.SIBER_4 - 2020-11-08 06:55:00 662 Dibaca
Bimtek TIK 2020 Berjalan Lancar, Tingkat Kelulusan Mencapai 70 Persen PENUTUPAN – Penutupan Kegiatan Bimtek TIK Tahun 2020 yang diselenggarakan Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP) Banjarmasin bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kapuas bertempat di Ballroom Permata INN, Jalan Seroja, Kuala Kapuas, Jumat (6/11/2020).
Bimtek TIK 2020 Berjalan Lancar, Tingkat Kelulusan Mencapai 70 Persen PENUTUPAN – Penutupan Kegiatan Bimtek TIK Tahun 2020 yang diselenggarakan Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP) Banjarmasin bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kapuas bertempat di Ballroom Permata INN, Jalan Seroja, Kuala Kapuas, Jumat (6/11/2020).

KUALA KAPUAS – Bimbingan Teknis Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) serta Kehumasan yang diselenggarakan Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP) Banjarmasin bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kapuas secara resmi telah selesai, Jumat (6/11/2020).

Kegiatan yang berlangsung di Ballrom Permata INN Jalan Seroja Kuala Kapuas tersebut telah berjalan selama lima hari, dimulai dari tanggal 2-6 November tahun 2020 dengan hampir semua peserta dinyatakan kompeten dan telah memahami materi pengajaran yang diberikan selama Bimtek.

(Baca Juga : Sat Pol PP dan Damkar Kapuas Berikan Bimbingan dan Motivasi Dikalangan Pelajar)

Dalam Bimtek ini diikuti oleh 60 peserta dengan terbagi menjadi tiga kelas dan dua jenis Bimtek, yaitu untuk Bimtek Sertifikasi terdiri dari kelas Office Operator Tingkat Dasar dengan dikuti 20 orang peserta dan Graphic Design Tingkat Dasar dengan jumlah peserta yang sama juga yaitu 20 orang. Sedangkan untuk Bimtek Non Sertifikasi yaitu kelas Junior Relations/Kehumasan diikuti juga oleh 20 orang peserta dengan semua pengajaran yang diberikan, bertujuan untuk meningkatkan SDM di Kabupaten Kapuas, khususnya Pengelola Layanan Informasi, Pengaduan dan Kehumasan pada Perangkat Daerah.

Tujuan lainnya melalui Bimtek Sertifikasi ini adalah untuk membantu angkatan muda kerja di Kabupaten Kapuas guna memperoleh sertifikasi kompetensi melalui uji kompetensi yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk mencari kerja.

Drs Abdurahman Harahap selaku Kepala Balai BPSDMP Kominfo Banjarmasin, menyampaikan apresiasi dan bangganya kepada semua peserta yang mengikuti Bimtek tersebut, karena menurutnya hampir semua peserta sudah memahami dengan betul materi-materi yang diberikan oleh pengajar selama masa Bimtek ini.

Untuk itu dirinya juga mengapresiasi Dinas Kominfo Kapuas yang telah bekerjasama dengan BPSDMP Kominfo Banjarmasin dalam hal suksesnya penyelenggaraan kegiatan tersebut, ditandai dengan antusias peserta yang sangat besar.

“Kami harap melalui Bimtek ini, para peserta semakin kompeten dibidangnya masing-masing serta dapat terus belajar guna meningkatkan daya saing guna menuju SDM yang unggul dan maju,” tuturnya saat menyampaikan sambutan yang juga sekaligus menutup kegiatan Bimtek TIK tahun 2020.

Ditempat yang sama, Dr H Junaidi, SE, SKM, M.AP, M.Kes Kepala Dinas Kominfo Kapuas melalui Kasi Pengelolaan Informasi Publik, Dedy Purnadibrata, SE, M.AP mengungkapkan terima kasihnya kepada BPSDM Kominfo Banjarmasin yang telah memprakasai terlaksananya kegiatan Bimtek ini, yang menurutnya sangat memberikan manfaat besar kepada para peserta yang mengikuti kegiatan dari hari pertama hingga hari terakhir.

“Semoga kerjasama dan silaturahmi ini terus terjalin, sehingga kita dapat mengadakan Bimtek-Bimtek seperti ini lagi kedepannya, guna semakin meningkatkan SDM yang berkompeten dibidang yang digeluti,” ungkap Dedy.

Khusus Bimtek Sertifikasi sendiri, yakni kelas Office Operator Tingkat Dasar dan Graphic Design Tingkat Dasar, dari hasil pengujian yang dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Teknologi Informasi dan Telekomunikasi Indonesia (LSP TIK), diketahui bahwa hampir semua peserta yang mengikuti kegiatan Bimtek ini telah berkompeten dan hanya sebagian saja yang masih perlu lebih memperdalam pengetahuannya.

"Hampir semua peserta Bimtek Sertifikasi ini sudah berkompeten dan telah berhasil menyelesaikan ujian yang diberikan sesuai dengan standar yang ditentukan, dengan tingkat kelulusan mencapai 70 persen," kata Yusriel Ardian selaku salah satu Tim dari LSP TIK.

Mengingat masih dalam suasana pandemi Covid-19, setiap peserta yang mengikuti kegiatan ini telah melaksanakan Rapid Test, dengan semua peserta dinyatakan bebas Covid-19 dan juga pemberlakuan protokol kesehatan yang telah ditetapkan. (hmskmf)

Share: