Disdukcapil Ikuti Desk Evaluasi ZI 2020 Untuk mendapat Predikat WBK

Kontribusi dari SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN KAPUAS, 12 November 2020 15:30, Dibaca 149 kali.

KUALA KAPUAS — Sebagai tindak lanjut dari pencanangan Zona Integritas Pemerintah Kabupaten Kapuas dengan usulan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kapuas untuk memperoleh Predikat Wilayah Bebas dari Korupsi telah memasuki tahap akhir. Setelah melalui berbagai tahapan, pada Kamis (12/11/20) dilaksanakan Desk Evaluasi Zona Integritas Tahun 2020 bagi Disdukcapil Kabupaten Kapuas di Ruang Rapat Kantor Bupati Kapuas, Jalan Pemuda No. 1 Km. 5,5 Kuala Kapuas.

Kegiatan Desk Evaluasi Zona Integritas tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, untuk mendapatkan informasi lanjutan melalui pemaparan dan diskusi atas pembangunan zona integritas terhadap unit kerja yang diusulkan untuk mendapat predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

(Baca Juga : Satpol PP Tindak Tegas Warga Yang Tidak Menggunakan Masker dan Berkerumun)

Dalam kegiatan yang dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi Zoom tersebut dibuka oleh Kepala Organisasi Setda Kabupaten Kapuas Ir. Hery Setiawan dan kemudian dilanjutkan dengan paparan oleh Kepala Disdukcapil Dra. Ruseni bersama tim kerja Pembangunan Zona Integritas yang diwakili oleh Nerylia Paulina, S.STP., MAP dan Tenria Bustanty, S.Kom. Selain itu juga hadir Tim Penilai Internal dari Inspektorat Fitrayanto S., SH., M.Hum.

Dalam paparannya, Kepala Disdukcapil Dra. Ruseni menyampaikan progress refrom pada 6 area perubahan (kondisi before-after) yaitu Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Akuntabilitas, Pengawasan dan Pelayanan Publik, selain itu disampaikan juga Identifikasi dan mitigasi resiko integritas serta inovasi pada sektor pelayanan, kinerja, dan penguatan integritas untuk mencegah KKN.

Rheza Yustian dan Hatni selaku Tim Evaluator dari Kementerian Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dalam kesempatan tersebut menyambut baik semangat dari Disdukcapil Kabupaten Kapuas untuk membangunan zona integritas di unit kerjanya. Selain itu diharapkan Disdukcapil dapat memperoleh hasil yang maksimal pada tahap ini sebelum memasuki tahap akhir di Tim Penilai Nasional yang terdiri dari KPK, Ombudsman dan Kemenpanrb.

Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Kapuas di akhir kegiatan menyampaikan harapannya pada Disdukcapil agar dapat memperoleh predikat WBK, sebagai bentuk komitmen dalam peningkatan pelayanan publik bagi masyarakat dan menjadi percontohan bagi perangkat daerah lainnya dalam menerapkan reformasi birokrasi. Sebelumnya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kapuas telah memperoleh Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2020 melalui inovasinya yaitu SIMPUN. (Setda/hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta