Magang di Diskominfo Kapuas, Mahasiswa ITN Malang Buat Alat Pencuci Tangan Otomatis

Kontribusi dari EDITOR SIBER_2, 12 November 2020 16:05, Dibaca 270 kali.

 

KUALA KAPUAS – Praktek Kerja Nyata (PKN) menjadi sebuah pelajaran yang luar biasa bagi sejumlah Mahasiswa, seperti apa yang sedang dilakukan oleh dua orang Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Jurusan Teknik Informatika Universitas Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, bernama William Kurniawan dan Cavin.

(Baca Juga : Diskominfo Minta Masyarakat Meningkatkan Kewaspadaan virus Corona)

 Setelah dua bulan melakukan magang di Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kapuas,  diakhir magangnya mereka membuat alat cuci tangan otomatis, yang hasil akhirnya dipresentasikan dan disaksikan langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kapuas Dr. H. Junaidi, SE, SKM, M.AP, M.Kes beserta Kepala Program Studi (Prodi) Informatika S1 Suryo Adi Wibowo, ST., MT melalui media virtual, Kamis (12/11/2020) di Ruang Studio Mini Diskominfo Kabupaten Kapuas.

Salah seorang Mahasiswa yang melakukan magang bernama William dalam presentasinya menjelaskan, pembuatan alat ini ditunjukan sebagai salah satu sarana pelengkap dalam protokol kesehatan di masa Pandemi ini , alat ini dibuat bersama teman satu kampusnya yang magang juga di Diskominfo Kapuas selama masa magang 2 bulan.

Lebih lanjut dijelaskan alat yang mereka buat menggunakan Arduino Uno  sebagai pendeteksi tangan dengan menggunakan sensor ultrasonic, sensor tersebut bekerja dengan menangkap jarak tangan sepanjang 15 cm yang kemudian saat ada benda yang terdeteksi, maka waterpump akan menyedotkan air di tempat penampungnya.

“Dengan adanya alat ini untuk mencuci tangan sampai bersih, maka tidak perlu lagi untuk menyentuh keran dan hanya perlu mendekatkan tangan ke sensor sehingga air akan keluar,” ucapnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kapuas Dr. H. Junaidi, SE, SKM, M.AP, M.Kes dalam sambutannya yang sekaligus menyerahkan kembali mahasiswa magang mengucapkan terima kasih kepada ITN Malang yang sudah mengirim mahasiswanya ke Kantor Diskominfo dan berharap mahasiswa tersebut mendapatkan banyak pelajaran dan pengalaman saat melakukan magang.

Kemudian H Junaidi juga berterima kasih kepada mahasiswa yang melakukan magang di Diskominfo Kapuas, dimana telah melakukan berbagai hal bagi Diskominfo Kabupaten Kapuas.

“Saya berharap alat cuci tangan otomatis hasil karya mereka tersebut dapat di implementasikan di Kabupaten Kapuas dan bisa di perbanyak juga ke dinas-dinas yang lainnya, mengingat di masa pandemi covid-19 ini alat tersebut sangat praktis dan sangat dibutuhkan bagi masyarakat Kabupaten Kapuas,” katanya.

Ditambahkannya pula dirinya menginginkan tidak hanya dari mahasiswa ITN saja yang mau untuk menimba ilmu di Dinas Kominfo Kapuas tetapi juga di perguruan lainnya.

 “Maka pada hari ini saya menyerahkan kembali ke pihak kampus dua mahasiswa ini, William dan Cavin untuk kembali melanjutkan program pendidikannya di ITN Malang” tutur Junaidi.

Melalui siaran zoom Kepala Prodi Informatika S1 Suryo Adi Wibowo, ST., MT dalam sambutannya yang sekaligus menerima kembali mahasiswa magang mengucapkan banyak sekali terima kasih kepada Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kapuas yang telah menerima dan memfasilitasi mahasiswa dari ITN ini dalam melakukan magang di Kantor Diskominfo.

Ia berharap kerja sama ini bisa berlanjut dan bisa diteruskan apabila ada mahasiswa dari Kabupaten Kapuas yang kuliah di ITN dan bisa kembali  arahkan  untuk bisa magang kembali di Kabupaten Kapuas agar mereka punya kreasi dan manfaat untuk daerah asalnya. (hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta