Disdukcapil Bantu Masyarakat Melalui Kegiatan Jemput Bola

Kontribusi dari DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN KAPUAS, 17 November 2020 08:20, Dibaca 121 kali.

KUALA KAPUAS - Dalam upaya percepatan cakupan kepemilikan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-EL) di desa-desa dan kecamatan terjauh di wilayah Kabupaten Kapuas, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kapuas melakukan kegiatan jemput bola pelayanan perekaman dan pencetakan KTP EL di Desa Sei Hanyo Kecamatan Kapuas Hulu, Senin (16/11/2020).

Kegiatan jemput bola ini di pimpin oleh Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Tornanto, SE, Kepala Seksi Pindah Datang Penduduk Wahyudi, SE beserta Operator yang merupakan Tenaga Honor Kontrak pada Disdukcapil Kapuas. Kegiatan Jemput Bola ini bukan hanya untuk perekaman dan pencetakan KTP EL saja akan tetapi pencetakan dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga juga dapat dilakukan.

(Baca Juga : Kapuas di Tetapkan Sebagai Lokasi SSGI)

Pelayanan jemput bola ini dilaksanakan di Kantor Kecamatan Kapuas Hulu yang terletak di Desa Sei Hanyo mulai pukul 07.30 WIB sampai selesai. Mayoritas masyarakat yang melakukan perekaman KTP EL adalah masyarakat yang baru berusia 17 tahun atau pemula yang berada di desa-desa di Kecamatan Kapuas Hulu.

Banyaknya masyarakat yang melakukan kegiatan perekaman dikarenakan sebelum turun ke lapangan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kapuas bekerjasama dengan perangkat-perangkat desa yang ada di wilayah Kecamatan Kapuas Hulu, agar menginformasikan terlebih dahulu kegiatan tersebut kepada warganya, sehingga warga yang belum pernah melakukan perekaman KTP EL bisa datang secara langsung ke Kantor Kecamatan Kapuas Hulu untuk melakukan perekaman.

Ditempat terpisah, Kepala Disdukcapil Kapuas, Dra Ruseni mengungkapkan kegiatan seperti ini merupakan bagian dari Inovasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kapuas yaitu "Pelayanan Perekaman KTP EL Keliling Langsung Cetak" yang sudah dilaksanakan mulai tahun 2014.

Kemudian terus digalakan sampai sekarang, karena Disdukcapil memahami jarak tempuh yang sangat jauh merupakan kendala terbesar yang dihadapi masyarakat untuk datang langsung ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang berada di Kota Kuala Kapuas.

“Oleh karena itu dengan adanya pelayanan jemput bola ini diharapkan dapat menjangkau masyarakat sampai di desa-desa terjauh untuk mempercepat cakupan kepemilikan KTP EL dan tentunya semua kepengurusan dokumen kependudukan gratis tanpa adanya pungutan biaya,” pungkasnya. (Disdukcapil/hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta