Pelatihan Pembuatan Abon Ikan di Kecamatan Kapuas Kuala

Kontribusi dari KECAMATAN KAPUAS KUALA, 12 November 2020 09:36, Dibaca 114 kali.

KUALA KAPUAS - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Disperindagkop UMKM) Kabupaten Kapuas mengadakan pelatihan kepada Anggota TP PKK Desa yang ada di Kecamatan Kapuas Kuala beberapa waktu lalu dengan lokasi kegiatan bertempat di Aula Kecamatan Kapuas Kuala. 

Adapun pelatihan ini diikuti 5 Desa diantaranya Desa Palampai, Desa Cemara Labat, Desa Sei Teras, Desa Batanjung dan Desa Simpang Bunga Tanjung yang terdiri dari 8 Anggota TP PKK di tiap Desa.

(Baca Juga : Bank BNI Beri Tiga Unit Wastafel Kepada Tim Gugus Tugas)

Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Batu Panahan, SH mengatakan dalam pelatihan kali ini yakni pembuatan abon ikan, diharapkan akan menjadi usaha tambahan bagi ibu-ibu, sehingga dapat mengangkat pendapat keluarga dan mengurangi tingkat penganguran di Desa.

Disamping pelatihan pengolahan ikan menjadi abon, juga diberikan pemahaman bagaimana melakukan pengemasan dan pemasaran. “Sehingga pada saat produk yang dihasilkan, dapat diterima oleh masyarakat dan sudah tentu dengan kualitas yang terbaik,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu juga diberikan bantuan berupa alat – alat kelengkapan seperti Kompor Gas, Wajan dan peralatan penunjang lainnya kepada peserta/Kelompok dengan pelatihan yang dilaksanakan, selain pembutan Abon Ikan juga ada pelatihan pembuatan Keripik Pisang dan keterampilan dasar lainnya yang disampaikan oleh Kristina Tuswiyani selaku Instruktur.

Camat Kapuas Kuala Inop dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Kepala Disperindagkop UMKM Kapuas beserta seluruh jajaran yang sudah memenuhi permintaannya beberapa bulan yang lalu. Sehingga diharapkan di Wilayah Kecamatan Kapuas Kuala dapat diadakan pelatihan yang berkaitan dengan potensi yang ada dan berdampak pada meningkatkannya pendapatan masyarakat.

”Perlu diketahui bahwa di wilayah Kecamatan Kapuas Kuala terdapat beberapa potensi yang sangat menonjol diantarnya ikan tambak, maupun hasil tangkapan ikan dilaut serta padi, disamping potensi – potensi lainnya,” tutup Inop dalam sambutannya .(kpskuala/hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta