Bangun Pemahaman Masyarakat Melaui Webinar ‘Vaksin Aman, Masyarakat Sehat’

Kontribusi dari EDITOR SIBER_2, 17 November 2020 10:50, Dibaca 181 kali.

 

KUALA KAPUAS – Berbagai kebijakan pemerintah dalam mendukung upaya pemulihan kesehatan dan percepatan pemulihan ekonomi telah disiapkan dan terus dijalankan lewat berbagai program. Salah satu upaya pemulihan kesehatan adalah melalui percepatan penyediaan vaksin yang sedang berjalan sebagai bagian dari prioritas Indonesia Sehat.

(Baca Juga : Pjs Bupati Kunjungi Pemondokan Kafilah MTQ)

Demi membangun pemahaman, kepercayaan dan partisipasi masyarakat terhadap kebijakan, program dan dampaknya, maka dibutuhkan komunikasi terpadu dan dukungan dari berbagai pihak untuk dapat menyampaikan pesan kepada masyarakat dengan masif, faktual, kredibel dan mudah dipahami.

Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) dan Kementerian Kominfo RI melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kapuas akan menggelar kegiatan webinar melalui meeting Zoom dengan tema ‘Vaksin Aman, Masyarakat Sehat’ pada Rabu tanggal 18 November tahun 2020 mendatang mulai pukul 09.00-11.00 WIB.

Dalam kegiatan webinar ini, akan diisi oleh beberapa narasumber diantaranya dr. Jum'atil Fajar, MHLthSc sebagai Praktisi Kesehatan Kabupaten dan Dr. H. Junaidi, SE, SKM, M.AP, M.Kes selaku Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kapuas yang sekaligus Kepala Dinas Kominfo Kapuas.

Kepala Dinas Kominfo Kapuas Dr H Junaidi ditempat kerjanya, Selasa (17/11/2020) menyampaikan bagi masyarakat yang ingin mengikuti Zoom Meeting dapat mengaksesnya di https://bit.ly/3p8YL28  dan bagi masyarakat yang ingin menyaksikan siaran langsungnya, bisa mengaksesnya di https://youtu.be/o4DFg_ekgug.

“Kegiatan ini juga dapat diikuti oleh masyarakat umum dengan mendaftarkan diri atau absensi kegiatan di halaman https://s.id/KPCPEN3 ,” tambahnya.

Diharapkan melalui kegiatan webinar seperti ini dapat membangun pemahaman, kepercayaan dan partisipasi publik untuk bersama-sama mewujudkan ‘Kesehatan Pulih Ekonomi Bangkit’.

Menurut riset Kementerian Kesehatan RI dan UNICEF pada Agustus 2020 lalu, banyak faktor yang dipertimbangkan oleh orangtua dan pengasuh untuk mencari layanan imunisasi di masa pandemi. Namun, faktor yang paling berperan penting adalah tingkat pemahaman tentang manfaat imunisasi.

Lebih lagi, masyarakat kerap berhadapan dengan informasi yang simpang siur, termasuk misinformasi dan disinformasi, mengenai kejadian ikutan pasca-imunisasi. Kekeliruan informasi seperti inilah yang turut menghambat upaya masyarakat dalam memperoleh pemahaman yang benar tentang manfaat imunisasi.

Untuk itu, melalui webinar “Vaksin Aman, Masyarakat Sehat” akan mengulas hal-hal seperti cara menangkal disinformasi tentang Imunisasi dan kejadian ikutan pasca-imunisasi, paparan singkat tentang vaksin seperti manfaat, jenis, dan cara kerjanya serta pemahaman dasar tentang kejadian ikutan pasca-imunisasi. (hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta