Kasus Covid-19 di Kapuas Meningkat, Nafiah Ingatkan Masyarakat Disiplin Protokol 4M

Kontribusi dari EDITOR SIBER_2, 19 November 2020 13:11, Dibaca 324 kali.

 

KUALA KAPUAS - Seiring bertambahnya kasus Covid-19 di Kabupaten Kapuas yang diakibatkan meningkatnya mobilitas masyarakat, Plt Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor mengingatkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kapuas agar selalu disiplin dalam mematuhi protokol Kesehatan 4M.

(Baca Juga : Rakor Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi Digelar Secara Virtual)

Adapun protokol yang dimaksud adalah memakai masker, mencuci tangan dengan sabun diair yang mengalir, menjaga jarak dan menghindari kerumunan guna meminimalisir resiko penularan dan penyebaran virus Covid-19.

Berdasarkan data dari Gugus Tugas Covid-19, mulai tanggal 12 hingga 18 November 2020, terdapat penambahan kasus Positif Covid-19 sebanyak 19 orang, yang mengakibatkan jumlah pasien Covid-19 yang masih dalam perawatan berjumlah 30 orang, dari yang sebelumnya hanya berjumlah 11 orang.

Untuk itu, Nafiah berharap kepada masyarakat agar tetap disiplin dan mematuhi aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas, sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. “Dengan mematuhi protokol kesehatan ini, kita dapat melindungi diri sendiri dan orang-orang terdekat dari potensi penularan Covid-19,” katanya.

Plt Bupati Kapuas itu juga mengingatkan kepada masyarakat yang masih berkerumun, baik ditempat wisata, restoran/kedai maupun pusat perbelanjaan agar selalu menjaga jarak satu dengan yang lainnya dan selalu ingat untuk menggunakan masker.

“Kami atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas selalu mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk selalu disiplin dalam protokol sesehatan dimanapun dan apapun aktivitasnya, sebab kita tidak tau kapan dan dimana kita bisa terpapar virus ini,” tegas Nafiah.

Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas sebelumnya telah mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) Kapuas Nomor 46 Tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol Kesehatan, dimana terdapat sanksi bagi yang melanggarnya.

Dalam Perbup ini terdapat beberpa subjek pengaturan yaitu perorangan, pelaku usaha, pengelola, penyelenggara, penanggung jawab fasilitas perkantoran, sekolah, area publik dan lainnya.

“Untuk semua subjek yang ada didalam Perbup ini wajib mematuhi aturan-aturan yang berlaku dan bagi yang kedapatan melangggar aturan tersebut maka akan diberikan sanksi seperti untuk masyarakat berupa kerja sosial atau denda Rp150 ribu dan bagi sarana atau fasilitas umum akan diberi sanksi berupa teguran tertulis hingga denda paling besar Rp5 juta,” jelasnya.

Adapun aturan yang dimaksud yaitu bagi perorangan, wajib melaksanakan protokol Kesehatan 4M dan bagi pelaku usaha dan pengelola fasilitas umum wajib menyiapkan sarana dan prasarana 4M tersebut. (hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta