Jumat, 29 Maret 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Berita Kegiatan SOPD

Partisipasi Langsung Disnaker Kapuas Terhadap Ketahanan Ekonomi

by Op.SIBER_4 - 2020-11-24 12:06:00 529 Dibaca
Partisipasi Langsung Disnaker Kapuas Terhadap Ketahanan Ekonomi Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kapuas Raison, S.KM,MM
Partisipasi Langsung Disnaker Kapuas Terhadap Ketahanan Ekonomi Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kapuas Raison, S.KM,MM

 

KUALA KAPUAS – Dengan terjadinya Kondisi Luar Biasa (KLB) akibat Pandemi Covid-19 yang berdampak terhadap kondisi sosial dan perekonomian masyarakat, sehingga tersendatnya pertumbuhan perekonomian yang mengakibatkan terjadinya korban PHK dan pengangguran serta jumlah masyarakat miskin yang bertambah.

(Baca Juga : BPPRD Kapuas Hadiri Rakornas Pengelolaan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah di Jakarta)

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kapuas Raison, S.KM,MM diruang kerjanya, Selasa (24/11/2020) mengatakan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kapuas secara langsung berpartisipasi terhadap ketahanan ekonomi bagi mereka-mereka yang terdampak Covid-19 ditahun 2020 ini. Partisipasi yang dimaksud berupa pelatihan keterampilan untuk tenaga kerja mandiri serta kegiatan program padat karya.

Adapun jumlah tenaga kerja yang mendapat pelatihan keterampilan maupun yang berpartisipasi langsung dalam program padat karya yang diluncurkan melalui Dinas Tenaga Kerja ini sejumlah 328 orang.

 “Orang-orang ini kami harapkan menjadi wirausaha, wirausahawan dan wirausahawati baru karena telah diberikan keterampilan baik berupa keterampilan kuliner, menjahit, komputer, desain grafis, tatarias, otomotif, maupun budidaya ikan sistem bioflok dan budidaya madu kelulut,” ucapnya.

Disamping itu juga, disampaikan Raiso  Dinas Tenaga Kerja meluncurkan program padat karya sebanyak empat bucket, yang mana kegiatan ini menyerap tenaga kerja sebanyak 20 orang per bucket. Kegiatan ini berupa kegiatan stimulan untuk perubahan prilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) yang ditempatkan di beberapa wilayah di Kabupaten Kapuas, area Pasar serta disekitaran tempat ibadah.

Diharapkan masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas CTPS yang sudah di bangun di masing-masing tempat dengan tujuan dapat membantu warga setempat yang telah berpartisipasi. Kegiatan ini pula telah dilakukan di Kabupaten Kapuas baik melalui Balai Latihan Kerja, melalui Seksi Pelatihan Tenaga Kerja Mandiri maupun peningkatan produktifitas yang ada di Dinas Tenaga Kerja.

“Saya mengharapkan warga tetap bertahan secara ekonomi di masa pandemi Covid-19 ini serta dalam kegiatan ini masyarakat juga mendapatkan bantuan, contohnya pada bidang kuliner mendapatkan oven, bidang budidaya ikan sistem bioflok mendapatkan kolam terpal dan yang lainnya,” pungkasnya (hmskmf)

Share: