Jumat, 29 Maret 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Berita Kabupaten dan Kota

Hasupa Hasundau Bank Kalteng Bersama Pelaku UMKM

by Op.SIBER_4 - 2020-11-25 14:39:00 614 Dibaca
Hasupa Hasundau Bank Kalteng Bersama Pelaku UMKM FOTO BERSAMA – (Dari kiri) Direktur Pemasaran Bank Kalteng Djoni Widjanarko Kridarso, Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik Setda Kapuas Yunabut, Kadis Kominfo Kapuas Dr Junaidi, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Kalteng Otto Fitriandy dan Kepala Cabang Bank Kalteng Kapuas Imanuel Oktobela berfoto bersama dalam kegiatan Hasupa Hasundau bersama pelaku UMKM, bertempat di Rumah Makan Buli Lewu, Jalan Trans Kalimantan, Rabu (25/11/2020).
Hasupa Hasundau Bank Kalteng Bersama Pelaku UMKM PENYERAHAN - Plt Bupati Kapuas yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik Setda Kapuas Yunabut (kiri) saat menerima Plakat dari PT Bank Kalteng Kapuas yang diserahkan Direktur Pemasaran Bank Kalteng Djoni Widjanarko Kridarso, dalam kegiatan Hasupa Hasundau bersama pelaku UMKM, bertempat di Rumah Makan Buli Lewu, Jalan Trans Kalimantan, Rabu (25/11/2020).

 

KUALA KAPUAS - PT Bank Kalteng Cabang Kabupaten Kapuas menggelar kegiatan Hasupa Hasundau bersama pelaku Usaha Mikro Kecil menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Kapuas, bertempat di Rumah Makan Buli Lewu, Jalan Trans Kalimantan, Rabu (25/11/2020). Hasupa Hasundau merupakan istilah dari Bahasa Dayak yang mengandung arti ramah tamah guna mempererat hubungan antar sesama.

(Baca Juga : Pilkada 2020 Semakin Dekat, Ini Yang Dilakukan Kesbangpol)

Tampak hadir Plt Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik Setda Kapuas Yunabut, Anggota DPRD Kapuas Kunanto, Kepala Dinas Kominfo Kapuas Dr H Junaidi, SE, SKM, M.AP, M.Kes, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Kalteng Otto Fitriandy, Direktur Pemasaran Bank Kalteng Djoni Widjanarko Kridarso, Kepala Cabang Bank Kalteng Kapuas Imanuel Oktobela dan para pelaku UMKM di Kabupaten Kapuas.

Kegiatan ini digelar selain menjalin silaturahmi antar sesama UMKM, juga untuk mensosialisasikan program dari Bank Kalteng yang bertujuan membantu para masyarakat pemilik UMKM yang terkena dampak pandemi Covid-19.

Dalam sambutannya, Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik Setda Kapuas Yunabut, mewakili jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas menyambut baik program ini karena dinilai sangat bermanfaat bagi  UMKM yang terkena imbas pandemi.

"Kita sangat bergembira dan bersyukur PT Bank Kalteng memiliki program yang sekiranya bisa dimanfaatkan oleh kita bersama secara baik, sehingga bisa membantu membangkitkan perekonomian di Kalimantan Tengah, khususnya Kabupaten Kapuas," tuturnya

Berkaitan dengan program ini diharapkan para pelaku UMKM dapat memanfaatkannya sehingga roda perekonomian dapat terus berjalan dengan baik dan normal kembali.

Ditempat yang sama, Kepala OJK Otto Fitriandy mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ramah tamah ini karena dapat mempertemukan secara langsung para pelaku UMKM dengan Bank Kalteng selaku Industri Jasa Keuangan yang bisa membantu dalam akses permodalan. "Sebagaimana diketahui Bank Kalteng adalah Bank Pembangunan Daerah yang dimiliki oleh masyarakat Kalteng," kata Otto.

Disebutkannya program ini merupakan suatu bentuk kepedulian PT. Bank Kalteng terhadap kondisi Kalteng yang terdampak dari berbagai sektor akibat Pandemi Covid-19. Kemudian diharapkan dengan adanya bantuan serta program dari Bank Kalteng ini dapat memberikan semangat bagi para pelaku usaha untuk membangkitkan kembali sektor UMKM di Kalimantan Tengah.

Sementara itu, dijelaskan Direktur Pemasaran Djoni Widjanarko Kridarso  program UMKM yang di prakarsai Bank Kalteng ini sedianya akan diluncurkan pada awal tahun, namun dengan adanya pandemi Covid-19, maka program ini baru dapat diluncurkan di akhir tahun 2020.

"Kami secara berturut-turut telah melakukan sosialisasi mengenai program ini di beberapa Kabupaten seperti Kotim, Kobar, Sukamara, Lamandau, Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas," terangnya.

Melalui program ini diharapkan juga mendapat respon yang positif dari pelaku UMKM di Kabupaten Kapuas, khususnya yang terdampak Covid-19 agar dapat terbantu. "Dimana program yang diluncurkan adalah program bantuan pembiayaan UMKM yang bersifat pinjaman berkelompok," tambahnya.

Tujuan program Kredit UMKM ini untuk mendukung percepatan program Pemerintah dalam pemulian ekonomi nasional, mendukung program otoritas jasa keuangan terkait kredit melawan rentenir dan menyediakan fasilitas keuangan kepada pelaku UMKM yang memiliki potensi untuk mengembangkan usaha. (hmskmf)

Share: