PPID Utama Kapuas Masuk Peringkat 6 Besar

Kontribusi dari EDITOR SIBER_2, 03 Desember 2020 15:26, Dibaca 345 kali.

 

KUALA KAPUAS – Dalam rangkaian kegiatan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik di Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020, Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) Utama Kabupaten Kapuas masuk dalam 6 besar berdasarkan hasil penilaian Laporan dan SAQ.

(Baca Juga : Walaupun Pandemi, Disdukcapil Tetap Berikan Pelayanan Kepada Masyarakat)

Dan selanjutnya berdasarkan hasil penyampaian pemaparan akan di evaluasi lagi oleh Komisi Informasi Prov. Kalteng, Kabupaten mana yang berhak menjadi Peringkat pertama dalam Pengelolaan PPID.

Guna menindaklanjuti hal tersebut, Kepala Dinas Kominfo Kapuas Dr H Junaidi, SE, SKM, M.AP, M.Kes selaku PPID Utama didampingi Kepala Seksi Komunikasi Publik Gusti Mahfuz, S.Kom, MA berkesempatan menyampaikan paparan terkait komitmen, koordinasi dan inovasi dalam layanan keterbukaan informasi publik pada Diskominfo Kapuas, yang berlangsung di Gedung Smart Dinas Kominfosantik Provinsi Kalimantan Tengah, Kamis (3/12/2020)

Kegiatan tersebut juga dihadiri Ketua Komisi Informasi Provinsi Kalteng Daan Rismon, Plt Kepala Dinas KominfoSantik Kalteng Agus Siswadi serta perwakilan 5 Kabupaten/Kota lainnya yang masuk dalam 6 peringkat teratas tersebut diantaranya Kabupaten Kotawaringin Barat, Kota Palangka Raya, Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Murung Raya dan Kabupaten Kotawaringin Timur.

Dalam paparannya, Kadis Kominfo menjelaskan sejak tahun 2017, Kabupaten Kapuas telah membuat MoU dengan Komisi Informasi Publik Provinsi Kalteng tentang Deklarasi Keterbukaan Informasi Publik yang mana dilanjutkan juga dengan komitmen dari Bupati Kapuas yang telah menetapkan dasar regulasi pembentukan PPID Kapuas seperti Perbup, SK dan surat lainnya.  “PPID di Kabupaten Kapuas juga aktif dalam memberikan informasi kepada masyarakat melalui Video Tron, Radio, Surat Kabar, Media Online dan Media Sosial,” ucapnya.

Kemudian, disampaikan juga beberapa waktu yang lalu Dinas Kominfo Kapuas juga telah menggelar sosialisasi Pengelolaan PPID Pembantu tingkat Perangkat Daerah, guna meningkatkan SDM Pengelola Informasi dan Dokumentasi di tingkat OPD, yang sasaran kegiatannya adalah Sekretaris dimasing-masing OPD selaku PPID Pembantu dan Operator Layanan Infomasi Dokumentasi.

“Pada tahun 2018, tepatnya bulan Oktober, Ruang Layanan PPID Utama yang berada di Kantor Dinas Kominfo Kapuas diresmikan dan setiap tahunnya Diskominfo Kapuas rutin menggelar Sosialisasi Pengelolaan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dengan Nara Sumber dari Dinas Kominfosantik Provinsi Kalteng,” terang PPID Utama Kabupaten Kapuas itu.

Ditengah masa pandemi Covid-19 ini, disampaikan pula dalam paparannya bahwa Dinas Kominfo Kapuas tetap memberikan Bimtek kepada PPID Pembantu dan Operator pada Perangkat Daerah secara bertahap selama 7 hari secara bergantian dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku.

“Dari Bimtek ini, didapatkan hasil bahwa akan segera dilakukan penyusunan Daftar Informasi Publik yang dikecualikan pada masing-masing Perangkat Daerah dan juga untuk pendokumentasian informasi publik pada OPD dilakukan secara mandiri melalui Operator yang sudah ditunjuk,” tuturnya.

Masih dalam paparannya, H Junaidi mengungkapkan PPID Utama Kabupaten Kapuas juga rutin mengirimkan Laporan PPID Kabupaten Kapuas kepada Komisi Informasi dan Dinas Kominfosantik Provinsi Kalteng sebagai bahan evaluasi. Dinas Kominfo juga membagikan X-Banner tentang alur permintaan informasi dimasing-masing OPD selaku PPID Pembantu.

“Setiap tahunnya Bupati Kapuas memberikan penghargaan kepada Perangkat Daerah yang aktif dan inovatif dalam mengelola Layanan Publik, salah satunya layanan keterbukaan informasi publik dimasing-masing OPD,” imbuhnya.

Diakhir paparannya, Kadis Kominfo Kapuas Dr H Junaidi menegaskan PPID Utama Kabupaten Kapuas yang juga Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Kapuas turut aktif dalam memberikan informasi perkembangan Covid-19 kepada masyarakat setiap harinya melalui Live Streaming Sosial di Media sejak Bulan Maret 2020 hingga sampai sekarang.

“Sebagai upaya dalam penyebarluasan informasi dimasa Pandemi Covid-19 ini, Dinas Koinfo Kabupaten Kapuas juga ikut memberikan soisalisasi dalam pencegahan penyebaran Covid-19 kepada masyarakat melalui Mobil Informasi dan Mobil PPID Kabupaten Kapuas,” pungkasnya. (hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta