Kamis, 28 Maret 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Kesehatan

RSUD Kapuas Bangun Laboratorium Bio Safety Level-2

by RSUD KAPUAS - 2020-12-04 15:43:00 579 Dibaca
 RSUD Kapuas Bangun Laboratorium Bio Safety Level-2 Kepala Bidang Pelayanan Medik RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, dr. Jumatil Fajar, MHlthSc
 RSUD Kapuas Bangun Laboratorium Bio Safety Level-2 PROSES - Proses pembangunan Laboratorium Bio Safety Level -2 (BSL-2) di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, belum lama ini.
 RSUD Kapuas Bangun Laboratorium Bio Safety Level-2 PROSES - Proses pembangunan Laboratorium Bio Safety Level -2 (BSL-2) di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, belum lama ini.

KUALA KAPUAS - Keberadaan laboratorium pengujian spesimen memegang peranan penting dalam mendukung upaya percepatan penanganan Covid-19. Terbatasnya laboratorium pengujian di daerah menyebabkan lamanya pengujian spesimen dari suspek Covid-19. Hal ini dikarenakan waktu yang dibutuhkan daerah untuk mengirimkan spesimen dari atau ke rumah sakit yang jauh atau berada di daerah lain.

Menurut Kepala Bidang Pelayanan Medik RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas dr. Jum'atil Fajar, MHlthSc, jumlah laboratorium atau rumah sakit yang bisa melakukan uji spesimen dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) masih sangat terbatas terutama di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah.

(Baca Juga : Petugas Laboratorium RSUD Kapuas Ikuti Pelatihan PCR di Labkes Provinsi Kalsel)

Beberapa waktu yang lalu, mulai dibangun Laboratorium Bio Safety Level -2 (BSL-2) di RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas. Adapun jangka waktu pengerjaan selama 49 (empat puluh sembilan) hari kalender dan diperkirakan selesai hingga tanggal 31 Desember 2020.

Tujuan dari pembangunan ini dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Kapuas yang merupakan program pembangunan/peningkatan bangunan untuk wilayah publik dengan sumber dana melalui Dana Alokasi Umum (DAU) tahun anggaran 2020 dari Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, dan Kawasan Pemukiman Bidang Cipta Karya.

"Terkait hal ini RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas berusaha selalu untuk meningkatkan sarana prasarana pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan secara maksimal, terutama bagi yang berdomisili di daerah Kabupaten Kapuas," pungkasnya. (PromkesRSKps/hmskmf)

Share: