Sabtu, 20 April 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Berita Kegiatan SOPD

Tilik Pembesaran Ikan Melalui Bioflok, Dinas Perikanan Berikan Bantuan

by Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas - 2020-12-10 09:47:00 692 Dibaca
Tilik Pembesaran Ikan Melalui Bioflok, Dinas Perikanan Berikan Bantuan BANTUAN - Kepala Bidang Pemberdayaan Pembudidaya Ikan, Fatmawati serahkan Paket Sarana Prasarana Perikanan Bioflok, Selasa (08/12/2020)
Tilik Pembesaran Ikan Melalui Bioflok, Dinas Perikanan Berikan Bantuan PENGECEKKAN - Tim Dinas Perikanan mengecek kolam milik Pokdakan Mina Mandiri Berjaya beberapa waktu lalu.

KUALA KAPUAS –  Kepala Bidang Pemberdayaan Pembudidaya Ikan Fatmawati, S.Pi, bersama Tim Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas mengunjungi Pokdakan (Kelompok Pembudidaya Ikan) Mina Mandiri Berjaya yang berlokasi di SMK Negeri 3 Kuala Kapuas. Kunjungan tersebut dalam rangka menyerahkan bantuan paket budidaya perikanan Bioflok, Selasa (8/12/2020) kemarin.

Sebanyak 16.000 ekor benih ikan Nila, 4000 Kg pakan ikan, dan paket bantuan sarana dan prasarana perikanan diserahkan Fatmawati kepada Ketua Pokdakan Mina Mandiri Berjaya Daniel, Daniel mengungkapkan kelompoknya ingin mencoba menilik usaha pembesaran ikan melalui Bioflok. “Kita mau coba rintis pembesaran ikan dengan sistem Bioflok karena akan lebih terjangkau dalam budidayanya,” ungkapnya.

(Baca Juga : Bangkitkan Ekonomi Kreatif Melalui Sektor UMKM)

Sistem Bioflok sendiri memiliki banyak keuntungan mulai dari menghemat penggunaan lahan dan air, lebih ramah lingkungan, biaya produksi pakan hemat biaya, serta bisa menghambat hama penyakit pada ikan. Kelompok ini juga diberikan kesempatan penuh untuk sharing mengenai sistem Bioflok dengan Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas.

“Tadi kita diminta untuk melayangkan surat ke Dinas Perikanan supaya nanti direkomendasikan untuk belajar langsung teknis pembesaran ikan oleh BPBAT Mandiangin, semoga nanti kita bisa belajar banyak dengan mereka,” tutup Daniel.

Sementara itu, Fatmawati saat menyerahkan bantuan menyampaikan pesan khusus untuk kelompok tersebut. “Semoga bantuan ini bisa mendatangkan manfaat yang besar bagi kelompok Bapak, bisa berdaya guna dan berhasil guna. Harapannya juga mudah-mudahan bantuan yang kita berikan tidak sia-sia serta kawan-kawan kelompok juga bisa belajar banyak tentang sistem Bioflok ke depannya,” pungkasnya saat menyerahkan bantuan.

Tak cukup di sana Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas juga mendukung penuh usaha mereka untuk belajar teknis pembesaran. “Nanti kelompok ini akan terus dibina oleh Bu Hamsinah Penyuluh Perikanan di wilayah tersebut, kami pun juga membuka diri kapan pun untuk menyukseskan keberhasilan kelompok ini,” kata Fatmawati saat mengakhiri sambutannya.

Ditempat terpisah, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Ir. Darmawan selalu memberikan dukungan kepada kelompok-kelompok yang sudah diberikan bantuan, “Jadi, bantuan tersebut merupakan penutup tahun dari serangkaian bantuan dalam rangka pencapaian target perikanan tahun 2020 ini, diharapkan akan melebihi dari target yang sudah direncanakan di awal tahun,” pungkasnya. (perikanan/hmskmf)

 

Share: