Kamis, 18 April 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Berita Kabupaten dan Kota

Ini Hasil Rakor LPTQ Tahun 2020

by Op.SIBER_4 - 2020-12-14 10:59:00 549 Dibaca
Ini Hasil Rakor LPTQ Tahun 2020 PENUTUPAN – Ketua Umum LPTQ Kabupaten Kapuas KH Muchtar Ruslan menutup secara resmi kegiatan Rapat Koordinasi Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Kapuas, Minggu (13/12/2020) di Aula Hotel Al-Madani Jalan Patih Rumbih Kuala Kapuas.
Ini Hasil Rakor LPTQ Tahun 2020 PENUTUPAN – Ketua Umum LPTQ Kabupaten Kapuas KH Muchtar Ruslan menutup secara resmi kegiatan Rapat Koordinasi Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Kapuas, Minggu (13/12/2020) di Aula Hotel Al-Madani Jalan Patih Rumbih Kuala Kapuas.

KUALA KAPUAS – Sejumlah paparan pembahasan pada Rapat Koordinasi (rakor) Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Kapuas telah selesai dijalankan dengan baik dan lancar bersama dengan 44 peserta rakor dari perwakilan LPTQ Kecamatan se Kabupaten Kapuas, pada Minggu (13/12/2020) di Aula Hotel Al-Madani Jalan Patih Rumbih Kuala Kapuas. Hal tersebut dijelaskan oleh Ketua Umum LPTQ Kabupaten Kapuas KH Muchtar Ruslan saat menutup kegiatan Rapat Koordinasi Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Kapuas.

Lebih lanjut, KH Muchtar Ruslan mengungkapkan rasa syukurnya bahwa kegiatan rakor berjalan lancar tanpa terkendala dan seluruh peserta ikut berpartisipasi aktif dalam pembahasan dan paparan yang dikemukakan. Salah satunya yang dibahas selama rakor tersebut yaitu mengenai kesiapan tuan rumah MTQ ke-45 Tingkat Kabupaten Kapuas Tahun 2021 akan dilaksanakan di Sei Tatas, Kecamatan Pulau Petak direncanakan pada bulan Oktober Tahun 2021 mendatang.

(Baca Juga : Dinas Perikanan Bidik Target Produksi Tahun 2020)

Kemudian, dirinya mengungkapkan mengungkapkan bahwa hasil kesepakatan dalam rakor tersebut menemukan beberapa program LPTQ untuk dijalankan salah satunya penggalakan program maghrib mengaji dan program Khatam Al-Qur’an. Selain itu, juga menjalankan pelatihan dan pembinaan Tahfidzul Qur’an, Fahmil Qur’an dan Syarhil Qur’an, rekrutmen dewan hakim, pelatihan Khattil Qur’an dan Hifdzul Hadist.

“Alhamdulilah kami telah melakukan pembahasan berbagai aspek penting untuk meningkatkan kinerja kepengurusan LPTQ salah satunya membuat rekomendasi program agar kedepan LPTQ mampu meningkatkan kualitas peserta MTQ/STQ untuk melakukan langkah-langkah terobosan bagi peningkatan Qari dan Qariah, Hafidz dan Hafidzah yang menjadi peserta MTQ/STQ agar tampil optimal diberbagai tingkat dan dapat meraih prestasi,” ungkap KH Muchtar Ruslan.

Sementara itu, ditambahkan oleh Sekretaris Umum LPTQ Kabupaten Kapuas Dr H Suwarno Muriyat menerangkan bahwa rakor juga membahas mengenai mencari gagasan dan langkah baru untuk membina dan memajukan berbagai aspek yang terkait dengan MTQ, menata organisasi dan program kerja untuk meningkatkan kinerja kepengurusan LPTQ serta pembahasan rancangan draf rekomendasi rakor.

“Semua program yang telah disiapkan ini bertujuan untuk mengembangan pertilawahan Qur’an di Kabupaten Kapuas dan semoga melalui program ini nantinya masyarakat Kapuas umumnya dan generasi muda pada khususnya agar mampu meningkatkan kemampuan dalam membaca, menghayati, dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an sehingga kehidupan masyarakat bisa tenang, damai, dan penuh kekeluargaan,” harap Dr H Suwarno Muriyat.

Ditempat yang sama, Ketua Harian LPTQ Kabupaten Kapuas H Asyhadi mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta rakor yang dengan baik mengikuti kegiatan sehingga beberapa pembahasan dan keputusan dapat diambil dalam rancangan draf rekomendasi LPTQ Kabupaten Kapuas yang tertuang dalam rekomendasi program LPTQ Kabupaten Kapuas dan rekomendasi ke Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas serta Kementerian Agama Kabupaten Kapuas. (hmskmf)

Share: