Wakil Bupati Kapuas Ikuti Vicon Bersama Mendagri dan Menkes

Kontribusi dari EDITOR SIBER_2, 06 Januari 2021 08:51, Dibaca 119 kali.

KUALA KAPUAS – Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat yang diwakili oleh Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor mengikuti rapat koordinasi melalui Video Conference dalam rangka kesiapan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 dan kesiapan penegakan protokol kesehatan Covid-19 di Ruang Rapat I Bappeda Kuala Kapuas, Selasa (5/1/2021) pagi.

Rakor tersebut dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri) Tito Karnavian didampingi Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, Kepala Satgas Covid-19 Nasional yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI Doni Monardo dan Wakil Menteri Kesehatan RI Dante Saksono Harbuwono.

(Baca Juga : Bupati dan Wabup Sambut Dirjen Kemendes, PDTT di Rumah Jabatan)

Pertemuan virtual itu juga dihadiri oleh Gubernur se Indonesia, Bupati/Wali Kota se Indonesia, dan Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat yang diwakili oleh Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy, Kepala Dinkes Kabupaten Kapuas Apendi dan Direktur RSUD dr. H Soemarno Sosroadmodjo Kuala Kapuas dr. Agus Waluyo.

Dalam arahannya Menkes RI Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa Indonesia menargetkan 180 Juta vaksinasi dan satu vaksin dikalikan dua menjadi 360 Juta dan adanya pencadangan vaksin sebanyak 15 Persen. “Untuk itu Indonesia membutuhkan vaksin kurang lebih sebanyak 426 juta dosis,” ungkap Menkes RI Budi Gunadi Sadikin.

Rencananya akan dilakukan penyuntikan Vaksinasi secara serentak pada Tanggal 13 Januari 2021 yang ditandai langsung dengan divaksinnya Presiden RI Joko Widodo, diikuti para pejabat Pemerintah Pusat, dan dilanjutkan vaksinasi untuk Kepala Daerah Provinsi/Kabupaten se Indonesia.

Untuk gelombang pertama vaksinasi akan dilakukan dari bulan Januari sampai April 2021 dengan target 1,6 Juta tenaga Kesehatan dan 17,4 juta Petugas Publik dengan usia dibawah 60 tahun, sedangkan pada kelompok usia diatas 60 tahun akan divaksinasi setelah mendapatkan informasi keamanan vaksin.

Sisanya untuk gelombang kedua pada bulan April 2021 sampai Maret 2022 akan dilakukan vaksinasi kepada kelompok masyarakat rentan (masyarakat di daerah dengan resiko penularan tinggi) 63,9 Juta dan masyarakat lainnya (dengan pendekatan kluster sesuai dengan ketersediaan vaksin) 77,1 Juta dosis.

Menanggapi hal tersebut Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor berharap walaupun sudah divaksinasi nantinya masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan dikarenakan hanya dengan vaksinasi corona tidak bisa hilang begitu saja. “Semoga nanti masyarakat dan seluruh pejabat Pemerintah Daerah akan divaksinasi agar menurunkan angka Covid-19 di Kabupaten Kapuas,” tuturnya.

HM Nafiah Ibnor juga mengapresiasi masyarakat Kapuas karena telah menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-harinya serta telah disiplin terhadap kepatuhan menerapkan Protokol kesehatan Covid-19. (hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta