Film Sejarah “Nyai Undang” Direncanakan Launching Pada Bulan Maret Tahun 2021

Kontribusi dari EDITOR SIBER_2, 06 Januari 2021 14:07, Dibaca 424 kali.

KUALA KAPUAS – Film Sejarah “Nyai Undang” direncanakan launching pada bulan Maret Tahun 2021 pada saat Acara Puncak Hari Ulang Tahun Kota Kuala Kapuas dan akan disaksikan oleh seluruh masyarakat Kabupaten Kapuas dan tidak menutup kemungkinan juga disaksikan oleh masyarakat luar Kapuas. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kapuas H. Suparman saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (6/1/2021) pagi.

Ia menekankan, latar belakang kenapa Nyai Undang ini diangkat ke layar lebar  bekerja sama dengan Tim Produksi Film Kreasi Anak Banua (KAB), karena Situs Nyai Undang Kuta Bataguh  mempunyai nilai sejarah yang luar biasa dan lebih tua dari Kerajaan Kutai Kartanegara Kalimantan Timur serta belum pernah diangkat dalam bentuk Film untuk pengembangan kawasan daya tarik wisata dan promosi pariwisata Kabupaten Kapuas.

(Baca Juga : Dinas Perikanan Bentuk Powasmas Kelurahan Selat)

Lebih lanjut, H. Suparman mengatakan bahwa kegiatan pembuatan film ini mengacu kepada  Buku Rinting Palangka Bulau  dan juga hasil penelitian survey dari dunia akademisi.  “Alur  cerita Nyai Undang ini kami dapatkan dari beberapa sumber, diantaranya dari buku yang berjudul Rinting Palangka Bulau yang dikutip kembali dalam Buku The Lost City yang bercerita tentang Nyai Undang dan kami juga mendengarkan cerita-cerita dari tokoh masyarakat, yang mana kita padukan keduanya,” terangnya.

Rencana untuk launching Film “Nyai Undang” ini sendiri merupakan apresiasi kepada masyarakat bahwa pihaknya memperkenalkan produk film yang dibuat oleh Tim KAB dan diperankan sendiri oleh Putera-Puteri  Daerah Mitra Pariwisata Kabupaten Kapuas. Untuk itu, ia berharap ke depan apabila film ini menjadi tontonan yang layak dan bagus untuk dinikmati, dimana akan dikembangkan tidak hanya sampai “Nyai Undang” saja tetapi pembuatan film-film tentang sejarah-sejarah lainnya yang ada di Kabupaten Kapuas.

Sementara itu, ditempat yang sama, Kasi Kepariwisataan Erliansyah, A.Md menjelaskan konsep lounching pemutaran Film “Nyai Undang” yang akan datang pada Bulan Maret tahun 2021, rencananya akan mengundang para pejabat baik Bupati Kapuas beserta jajaran, pejabat provinsi dan tidak menutup kemungkinan akan mengundang pejabat dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  RI Pusat dengan tetap mengikuti atau menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Selain itu, direncanakan akan dibuka pula expo barang-barang peninggalan sejarah  “Kerajaan Kuta Bataguh Tanjung Pamatang  Sawang ”.

“Untuk pemutaran filmya kita memiliki alternatif lain karena masih dalam masa pandemi Covid-19 yaitu dengan nonton bareng secara virtual, jadi masyarakat bisa mengikuti alur cerita film “Nyai Undang” secara streaming atau virtual di rumah masing-masing,” terangnya.

Untuk pembuatan filmnya itu sendiri, ia menuturkan sedang dalam proses syuting, sebagaimana diagendakan syuting tahap I dilakukan pada tanggal 12 – 24 Desember 2020. Syuting Tahap II diagendakan pada tanggal 5 – 10 Januari 2021, lanjut proses editing pada tanggal 11 – 27 Februari dan screening pada tanggal 1 Maret 2021. Puncaknya sekalian acara pameran barang peninggalan kerajaan Kuta Bataguh dan Nonton Bareng Film “Nyai Undang” pada tanggal 23 Maret 2021 mendatang. (hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta