Dimasa Pendemi, Disarpsutaka Tetap Layani Pengunjung Dengan Pengawasan Prokes Ketat

Kontribusi dari EDITOR SIBER_2, 10 Januari 2021 09:46, Dibaca 159 kali.

KUALA KAPUAS - Di masa Pandemi Covid-19 sekarang ini, tidak menggurangi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas  dalam melayani masyarakat untuk belajar dan mendapatkan ilmu dari buku-buku yang tersedia. Namun, demikian jumlah pengunjung yang ingin berkunjung sangatlah dibatasi dan harus mengikuti aturan protokol kesehatan demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kapuas.

Hal tersebut, diungkapkan secara langsung oleh Kepala Disarpustaka Kabupaten Kapuas, Komari saat ditemui diruang kerjanya, Jumat (8/1/2021). Yang mana, dirinya menerangkan bahwa Disarpustaka Kapuas tetap menerima kunjungan dari para pengunjung dengan syarat yang telah diatur yaitu jumlahnya dibatasi dan diwajibkan menggunakan masker, jaga jarak dan mencuci tangan serta menggunakan masker. Kemudian, sebelum masuk para pengunjung masih harus dicek suhu tubuh oleh petugas perpustakaan dan dibatasi waktu berkunjungnya.

(Baca Juga : Update Data Kasus Covid-19 di Kabupaten Kapuas (7 November 2020))

"Perpustakaan tetap buka, pelayanan tetap dilakukan dan kami tetap melayani apabila ada yang meminjam ataupun mengembalikan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan," ungkap Komari.

Kemudian terkait dengan jumlah kunjungan, Komari mengatakan bahwa pada tahun 2020 jumlah kunjungan perpustakaan secara keseluruhan sebanyak 6.050 orang dengan rinci setelah masa PSBB dan masa transisi pada bulan April sampai dengan Juni 2020 yang mana Disarpustaka tidak menerima pengunjung. Dimulai pada bulan Juli sampai dengan Desember pengunjung tiap harinya hanya berkisar 5 sampai 10 orang saja dengan jumlah perbulan kunjungan sekitar 100 hingga 200 orang.

Oleh karena itu, dirinya menginginkan agar masyarakat masih tetap meminati untuk berkunjung ke perpustakaan milik Pemerintah Kabupaten Kapuas ini dan tentunya akan dilayani dengan sebaik mungkin dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah.

"Harapan kami wabah pendemi ini cepat berlalu dan kita tetap semangat untuk bisa bangkit kembali dan semoga perpustakaan ini masih diminati masyarakat, karena tempat ini merupakan tempat untuk menimba ilmu baik itu dari PAUD sampai dengan lansia serta komunitas lainnya," harap Kadis Disarpustaka Kapuas itu.

Lebih lanjut, Komari menjelaskan untuk layanan mobil perpustakaan keliling hanya beroperasi dilingkungan kantor saja dan masih menunggu situasi Covid-19 di Kabupaten Kapuas membaik serta melihat perkembangan pembelajaran disekolah secara tatap muka mulai diijinkan oleh tim Satgas Covid-19 Kabupaten Kapuas. (hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta