SatPol PP dan Damkar Kabupaten Kapuas Siap Beri Sangsi Administrasi, Denda dan Pencabutan Izin Usaha Bagi Yang Melanggar Protokol Kesehatan

Kontribusi dari SATUAN POLISI PAMONG PRAJA DAN PEMADAM KEBAKARAN KABUPATEN KAPUAS, 11 Januari 2021 06:14, Dibaca 1,367 kali.

KUALA KAPUAS - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Kapuas terus gencar mendisiplinkan masyarakat maupun pelaku usaha agar mematuhi protokol kesehatan pada kondisi pandemi Covid-19, senin (11/1/2021).

Sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbub) Kapuas nomor 46 tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian corona virus disease diberlakukan untuk perorangan, pelaku usaha, dan pengelola, penyelenggara, penanggung jawab fasilitas umum seperti perkantoran atau tempat kerja, usaha dan industri, sekolah atau institusi pendidikan lainnya, tempat ibadah, terminal, pelabuhan, transportasi umum, toko, pasar modern, pasar tradisional, apotek dan toko obat, warung makan, rumah makan, cafe dan restoran, pedagang kaki lima atau lapak jajanan, perhotelan atau penginapan lainnya, tempat wisata, fasilitas pelayanan kesehatan, dan area publik.

(Baca Juga : Wabup Irup Peringatan Hari Pramuka ke 58 )

Kepala Satauan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Kapuas Syahripin,S.Sos mengatakan, "Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran takhenti-hentinya melakukan sosialisasi sekaligus pengawasan dengan persuasif, memberi pengertian kepada masyarakat dan pelaku usaha dilakukan agar protokol kesehatan dapat berjalan dengan baik".

selain melakukan pengawasan rutin kewilayah pasar dan aset daerah mereka juga melakukan pengawasan terhadap kepatuhan protokol kesehatan dan memberi peringatan kepada masyarakat terlebih kepada pemilik pengelola rumah makan cafe. Anggota Satpol PP dan Damkar juga meminta agar pengelola  menyiapkan fasilitas cuci tangan,menata meja dan kursi pengunjung serta mengingatkan pegawai dan pengunjung mengunakan masker agar sesuai dengan protokol kesehatan.

Jika beberapa rumah makan dan cafe yang didatangi ditemukan masalah pengaturan meja dan kursi pengunjung yang belum mengindahkan soal jaga jarak, anggota SatPol PP dan Damkar langsung menegur dan memberikan penjelasan secara persuasif dan menekankan kepada pengelola agar mematuhi protokol kesehatan secara ketat dalam menjalankan usahanya dimasa pandemi covid 19.

Kemudian untuk pelaku usaha wajib menyiapkan sarana dan prasarana 4 M bagi karyawan, pengunjung, pengelola, penyelenggara dan penanggungjawab fasilitas umum.

"Saya ingatkan kepada masyarakat, pemilik cafe, rumah makan dan pelaku usaha untuk lebih memperhatikan protokol kesehatan, kalau ngobrol tetap jaga jarak, maskernya tetap dipakai, apabila masyarakat, cafe, rumah makan atau pelaku usaha lainnya tidak menerapkan protokol kesehatan secara ketat, maka pihaknya akan memberikan sanksi lebih tegas kepada para pelanggar, bagi yang melanggar dan sudah kita peringatkan akan dikenakan sangsi administrasi, denda, sampai pencabutan izin usaha, sesuai Perbup 46 Tahun 2021,"pungkas Syahripin.(Satpolpp/hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta