1360 Vaksin Telah Tiba di Kabupaten Kapuas

Kontribusi dari EDITOR SIBER_2, 11 Januari 2021 13:31, Dibaca 311 kali.

 KUALA KAPUAS – Sebanyak 1360 vaksin Covid-19 berjenis Sinovac telah tiba di Kabupaten Kapuas pada hari Sabtu, 9 Januari 2021. Vaksin ini langsung disimpan di Gudang Farmasi Kabupaten Kapuas yang beralamatkan di Jalan Trans Kalimantan, Desa Pulau Telo, Kecamatan Selat.

Kepala Dinas Kesehatan Kapuas Apendi melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr Tri Setya Utami menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Kapuas telah menerima vaksin yang diperuntukkan bagi vaksinasi tahap pertama untuk tenaga kesehatan, sebanyak 1360 vaksin sesuai petunjuk dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng.

(Baca Juga : Update Data Kasus Covid-19 di Kabupaten Kapuas (28 Mei 2020))

“Saat ini sesuai arahan berjenjang yang kami terima dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng, jadi vaksin ini untuk sekarang masih disimpan di Gudang Farmasi dan masih menunggu arahan selanjutnya dari BPOM, nanti setelah ijin dari BPOM keluar, maka vaksin itu bisa didistribusikan ke seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Kapuas,” terang dr Tri Setya utami saat ditemui diruang kerjanya, Senin (11/1/2021).

Akan tetapi, lanjutnya dari Dinas Kesehatan dan Gudang Farmasi sedang menyiapkan tata cara terkait pengiriman vaksin untuk puskesmas yang berlokasi jauh dari Kota Kuala Kapuas, agar pengiriman nantinya bisa dilakukan dengan aman, lancar dan vaksinnya tetap terjaga.

Dengan adanya vaksin Covid-19 ini, dr Tri Setya Utami mengharapkan agar masyarakat dapat mendukung upaya vaksinasi ini, sebab ini merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk mencegah bertambahnya masyarakat yang terkena virus Covid-19.

“Melalui program vaksin ini, Tenaga Kesehatan sebagai garda terdepan bisa bersemangat dan melaksanakan vaksinasi sesuai apa yang diarahkan oleh Pemerintah. Kemudian bagi Tenaga Kesehatan  yang belum kebagian vaksinasi ini, agar bersabar, sebab ada mekanisme yang telah diatur oleh Pemerintah Pusat untuk memastikan seluruh Tenaga Kesehatan mendapatkan vaksinasi,” ungkapnya.

Selain vaksinasi, ditambahkannya disiplin protokol kesehatan agar jangan sampai longgar, namun terus diperketat dengan terus mematuhi protokol kesehatan 4M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Ditempat terpisah, Ribka Pallangan selaku Kepala Gudang Farmasi Kabupaten Kapuas menjelaskan, pihaknya telah menerima  vaksin Covid-19 sebanyak 1360 vaksin, yang terdiri dari 34 kotak dengan 1 kotak berisi 40 vaksin. “Sebelum vaksin covid ini masuk, memang di gudang penyimpanan ini telah mengelola vaksin rutin lainnya yang didistribusikan kepuskesmas, terkhusus vaksin untuk balita yang memang rutin tiap bulan divaksin,” tuturnya.

Ribka juga menambahkan, pada gudang ini selain menyimpan vaksin covid dan vaksin berjenis lainnya, juga menyimpan obat rutin untuk pelayanan kesehatan dasar di Puskesmas, kemudian terdapat juga bahan medis habis pakai. “Untuk kapasitas penyimpanan vaksin, disini ada tujuh buah kulkas vaksin yang berguna untuk menjaga suhu vaksin guna didistribusikan nantinya,” pungkasnya. (hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta