Sabtu, 20 April 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Berita Kegiatan SOPD

12 Balai KB di Kapuas Telah Dibangun Sebagai Sarana dan Prasana Penyuluhan KB

by Op.SIBER_4 - 2021-01-13 16:03:00 1,044 Dibaca
12 Balai KB di Kapuas Telah Dibangun Sebagai Sarana dan Prasana Penyuluhan KB Kabid Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Pengerakkan Dinas P3AP2KB Kabupaten Kapuas, Sugiyanto.
12 Balai KB di Kapuas Telah Dibangun Sebagai Sarana dan Prasana Penyuluhan KB Kabid Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Pengerakkan Dinas P3AP2KB Kabupaten Kapuas, Sugiyanto.

 

KUALA KAPUAS - Hingga saat ini tercatat sudah dibangun 12 Balai Keluarga Berencana (KB) yang tersebar di 12 Kecamatan se Kabupaten Kapuas. Balai ini merupakan program dari Pemerintah Pusat sebagai penunjang sarana dan prasarana yang dijalankan oleh Penyuluh KB dalam melaksanakan Program Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga (KKBPK) maupun program lainnya yang dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kabupaten Kapuas.

(Baca Juga : Tak ada izin Karoke, Satpol PP dan Damkar Kapuas Tutup Warung Kopi)

Hal tersebut dijelaskan oleh Plt. Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Kapuas H Dusi melalui Kabid Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Pengerakkan Sugiyanto saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (13/1/2021) yang mengatakan bahwa Balai KB yang rencananya akan dibangun diseluruh Kecamatan-Kecamatan yang ada di Kabupaten Kapuas itu berfungsi sebagai tempat beraktifitas dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, mengendalikan dan pembinaan kepada Petugas dan Pengelola (PKB dan PLKB, Institusi Masyarakat Pedesaan/Perkotaan dan Mitra Kerja) dalam operasional Progam Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga Tingkat Kecamatan.

Lebih lanjut, dikatakan oleh Sugiyanto bahwa sekarang ini Penyuluh KB diberdayakan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat terkhususnya ditingkat Kecamatan. Dengan demikian keberadaan Balai Penyuluhan KB di Kecamatan kedepannya akan berfungsi sebagai pusat pengendali operasional lini lapangan dan sarana pendukung tugas dan fungsi Penyuluh KB yang diketahui sekarang di Kabupaten Kapuas hanya memiliki 17 orang Tenaga Penyuluh KB.

Apalagi, dimasa sekarang Penyuluh KB diharapkan mampu menguasai teknologi salah satunya menyampaikan laporan secara online/menggunakan jaringan internet untuk dilaporkan kepada Dinas P3AP2KB Kabupaten Kapuas yang kemudian diteruskan ke Pemerintah Provinsi dan Pusat. Oleh karenanya, tentunya fasilitas yang ada di Balai KB dapat memperlancar operasional kegiatan Penyuluh KB dalam menjalankan program dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Dengan adanya Balai Penyuluhan KB ini diharapkan penyuluh lapangan KB dapat lebih maksimal dalam bekerja memberikan penyuluhan KB kepada masyarakat sehingga pelayanan kepada masyarakat semakin baik," ungkap Sugiyanto.

Dikatakan oleh Kabid Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Pengerakkan itu bahwa kecamatan yang belum terbangun balai KB yaitu Kecamatan Selat, Mantangai, Bataguh, Kapuas Kuala, dan Pasak Talawang. Sementara itu, Pada tahun ini sudah dicanangkan akan dibangun balai yang ke 13 dari 17 Kecamatan yang ada di Kabupaten Kapuas yaitu di Kecamatan Mantangai.

"Pada tahun 2020 yang lalu sudah selesai dibangun Balai KB yang berada di Kecamatan Mandau Talawang, namun masih belum dioperasionalkan. Sementara itu, Pada tahun 2021 ini akan dibangun Balai KB di Kecamatan Mantangai," ungkap Sugiyanto. (hmskmf)

Share: