Cegah Stanting dengan Gemar Makan Ikan

Kontribusi dari EDITOR SIBER_2, 14 Januari 2021 14:50, Dibaca 181 kali.

 

KUALA KAPUAS - Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis sehingga anak lebih pendek untuk usianya. Kekurangan gizi terjadi sejak bayi dalam kandungan dan masa awal kehidupan setelah lahir tetapi baru tampak setelah anak berusia 2 tahun.

(Baca Juga : SatPol PP dan Damkar Kabupaten Kapuas Glandang Muda Mudi Langgar PSBB Kabupaten Kapuas)

Dalam rangka penurunan angka stunting di Kabupaten Kapuas, Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas yang merupakan salah satu Dinas terkait yang tergabung didalam tim konvergensi penurunan stunting Kabupaten Kapuas memiliki peran yang cukup besar.

Itu ditandai dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas melalui Bidang-bidang yang ada dalam struktur organisasinya, seperti dari sektor perikanan yang lebih dominan menangani budidaya ikan.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Darmawan melalui Kepala Bidang Bina Usaha Perikanan dan Kelautan, Arjoni menyampaikan bahwa Dinas Perikanan sampai tahun 2020 sudah melaksanakan kegiatan dalam rangka penurunan angka stunting di Kabupaten Kapuas.

"Ini sudah kita laksanakan kegiatan gemar makan ikan, sebagaimana yang kita ketahui ikan memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk tubuh terlebih lagi bagi anak-anak atau balita," tuturnya saat ditemui di Kantor Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas, Kamis (14/1/2021) pagi.

Kegiatan gemar makan ikan sendiri sudah terealisasi dibeberapa Kecamatan yang ada di Kabupaten Kapuas seperti, Kecamatan Bataguh, Kapuas Timur dan Selat. "Pada kampanye Gemarikan tersebut, diberikan edukasi tentang manfaat makan Ikan bagi Balita, Ibu Hamil dan Ibu Menyusui," imbuhnya.

Dirinya berharap dengan adanya kegiatan dari Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas melalui beberapa Bidangnya, bisa membantu Tim konvergensi penurunan stunting Kabupaten Kapuas dalam menekan angka stunting di Kabupaten Kapuas.(hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta