Jumat, 19 April 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Berita Kabupaten dan Kota

Pemkab Kapuas Kembali Raih Penghargaan Peduli HAM

by Op.SIBER_4 - 2021-01-20 12:32:00 468 Dibaca
Pemkab Kapuas Kembali Raih Penghargaan Peduli HAM PENGHARGAAN - Penghargaan yang diterima Kabupaten Kapuas sebagai Kabupaten peduli Hak Asasi Manusia Tahun 2019
Pemkab Kapuas Kembali Raih Penghargaan Peduli HAM Kepala Bagian Hukum Setda Kabupaten Kapuas, Pepen Nurpendi

KUALA KAPUAS - Pemerintah Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah kembali meraih penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Kementerian Hukum dan HAM beberapa waktu yang lalu. Penghargaan yang diterima ini berdasarkan keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor M.HH-04-04.HA.04.03 Tahun 2020 Tentang Penetapan Kabupaten/Kota Peduli Hak Asasi Manusia pada tahun 2019.

Dalam penilaian ini, Kabupaten Kapuas telah memenuhi 7 syarat kriteria Daerah Peduli HAM diantaranya hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak atas perempuan dan anak, hak atas pendidikan, hak atas pekerjaan, hak atas perumahan dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan dengan notal nilai yang dicapai adalah 82,64 persen.

(Baca Juga : Update Data Kasus Covid-19 di Kabupaten Kapuas (30 Agustus 2020))

Kepala Bagian Hukum Setda Kabupaten Kapuas, Pepen Nurpendi mengungkapkan Kabupaten Kapuas menjadi salah satu dari 6 Kabupaten di Provinsi Kalteng yang telah mendapat predikat sebagai Kabupaten peduli HAM di tahun 2019.

"Enam Kabupaten di Provinsi Kalteng yang menerima penghargaan ini diantaranya Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Kapuas, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Lamandau, Kabupaten Pulang Pisau dan Kota Palangka Raya," terang Pepen saat ditemui, Rabu (20/1/2021).

Menurutnya, diraihnya penghargaan ini tidak lepas dari peran dinas-dinas terkait yang ada di Kabupaten Kapuas dalam mendukung kriteria Kabupaten/Kota peduli HAM, sehingga Kabupaten Kapuas telah menerima penghargaan peduli HAM ini sebanyak 4 kali, yaitu pada tahun 2016, 2017, 2018 dan 2019.

"Ini semua berkat peran dari dinas-dinas di Kabupaten Kapuas yang saling mendukung satu sama lain dalam mengimplementasikan kepedulian terhadap HAM di Kabupaten Kapuas,  sehingga Pemkab Kapuas sudah meraih penghargaan ini untuk keempat kalinya," ucapnya.

Melalui penghargaan yang diterima ini, Pepen pun menyampaikan terima kasihnya atas bantuan dari dinas yang sudah terlibat dalam pengumpulan data peduli HAM di Kabupaten Kapuas. "Walaupun penghargaan ini sifatnya seremonial, tetapi yang lebih bermakna adalah implementasi dilapangan, tentang bagaimana masyarakat merasakan betul bagaimana kepedulian HAM di Kabupaten Kapuas," kata Kabag Hukum Setda Kapuas itu.

Dikesempatan tersebut, Pepen juga berharap agar kinerja dimasing-masing dinas dapat terus terjaga dan semua Perangkat Daerah dapat bersama-sama mendukung hak-hak  peduli HAM di Kabupaten Kapuas. (hmskmf)

Share: