Kusmiatie : Selalu Jaga Kebersihan dan Jangan Buang Sampah Sembarangan

Kontribusi dari OPR. SIBER_4, 27 Januari 2021 14:23, Dibaca 423 kali.

 

KUALA KAPUAS –Tim Penanganan Persampahan Kapuas dan Tim Penanganan Ruang Terbuka Hijau (RTH) telah resmi bergabung ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kapuas sejak tanggal 1 Januari 2021.

(Baca Juga : Update Data Kasus Covid-19 di Kabupaten Kapuas (26 Mei 2020))

Dengan bergabungnya tim ini, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kapuas, Kusmiatie menyatakan pihaknya akan bekerja sama dan bekerja keras dalam melaksanakan tugas yang diberikan, khususnya terkait penanganan persampahan dan RTH (Ruang Terbuka Hijau).

“Tim ini telah bergabung ke Dinas Lingkungan Hidup Kapuas sejak tanggal 1 Januari 2021 dengan jumlah PNS sebanyak 25 orang dan Tenaga Kontrak 300 orang yang terdiri dari 220 Tim Penanganan Persampahan dan 80 Tim Ruang Terbuka Hijau,” jelas Kusmiatie saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (27/1/2021).

Dilanjutkannya, dalam menjaga kebersihan di Kota Kuala Kapuas, pihaknya selalu melakukan kegiatan bersih-bersih secara berkelanjutan dan bergotong royong bersama masyarakat, RT/RW, Desa, Kelurahan untuk melakukan bersih-bersih di wilayahnya masing-masing.

“Harapan kami semoga masyarakat di Kota Kuala Kapuas peduli dan tertib terhadap pembuangan sampah, khususnya membuang sampah pada pukul 17.00 WIB sampai pukul 05.00 WIB pagi di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang telah disediakan, ” ucapnya.

Kusmiatie pun berpesan kepada masyarakat untuk peduli dan  bersama-sama dalam menjaga kebersihan lingkungan, dimulai dari lingkungan rumah, yaitu dengan melakukan pemilahan sampah organik dan non organik. Menurutnya, sampah adalah mutiara karena apabila sampah dikelola dengan baik dan benar akan bermanfaat dan bernilai.

Tidak lupa, dirinya juga berpesan agar masyarakat tidak membuang sampah secara sembarangan seperti di jalan, sungai, parit maupun tempat lainnya. “Sebab sekecil apapun sampah itu, tetap harus kita buang pada tempat yang telah disediakan,” imbuhnya.

Karena menurut Kusmiatie, apabila masyarakat membuang sampah sembarangan, maka itu sama saja telah membuat lingkungan sekitarnya menjadi kotor. “Marilah kita  bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan kita agar mejadi kota Kapuas yang bersih, sehat dan dapat memperoleh kembali penghargaan Adipura serta juga agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak kita inginkan,” pungkasnya. (hmskmf)

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta