Kamis, 18 April 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Kesehatan

RSUD Kapuas Miliki Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi

by RSUD KAPUAS - 2021-01-28 11:43:00 1,030 Dibaca
RSUD Kapuas Miliki Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi LAYANAN - Tindakan layanan Gigi dan Mulut di Poli Gigi RSUD Kapuas.
RSUD Kapuas Miliki Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi drg. Tedi Pramayanto, Sp.KG

KUALA KAPUAS - Sejak tanggal 18 Januari 2021, RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah mendapatkan tambahan kembali Tenaga Kesehatan Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi yaitu drg. Tedi Pramayanto, Sp.KG yang bertugas di Poliklinik Gigi dan Mulut.

Dengan tambahan tenaga medis ini, maka UPF Poliklinik Gigi dan Mulut RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, memiliki satu orang Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi dan didampingi oleh dua orang dokter gigi yang sudah lama bertugas yaitu drg. Luluk Nurhayati dan drg. Krisma Novelianty.

(Baca Juga : Inspeksi Listrik Medik Dari LPFK Pada RSUD Kapuas)

drg. Tedi Pramayanto, Sp.KG sendiri merupakan alumni dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta setelah berhasil menyelesaikan Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi pada tanggal 22 April 2020.

Dijelaskan Tedi Pramayanto bahwa tindakan pada pasien yang dilakukan oleh Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi meliputi pencegahan gigi berlubang, penambalan gigi sesuai dengan kebutuhan (pembuatan veneer, mahkota, pasak, onlay, inlay), perawatan gigi berlubang, perawatan dan bedah akar gigi, pemutihan gigi (bleaching), bedah endodontik, dan sebagainya.

Menurutnya, gigi yang ada kerusakan tidak perlu harus langsung dicabut, karena masih bisa dirawat dengan tindakan konservasi gigi. Gigi merupakan salah satu organ tubuh manusia yang sangat berperan dalam fungsi pengunyahan disamping fungsi estetika atau penampilan. Apabila fungsi pengunyahan tidak terpenuhi maksimal maka dapat menyebabkan gangguan pada proses pelumatan makanan di rongga mulut dan berdampak pada proses pencernaan.

"Oleh karena itu apabila mengalami kerusakan pada gigi walaupun lubang sedikit, maka segeralah berobat ke dokter gigi agar diberikan solusi penanganan yang efektif sebelum terlambat yang mengakibatkan gigi menjadi tanggal atau dicabut,"pungkasnya. (PromkesRSKps/hmskmf)

Share: