Sabtu, 20 April 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Berita Kegiatan SOPD

Sektor Kerajinan Rotan Menurun, Disdagperinkop Berupaya Tetap Berikan Pelatihan

by Op.SIBER_4 - 2021-01-28 13:15:00 516 Dibaca
Sektor Kerajinan Rotan Menurun, Disdagperinkop Berupaya Tetap Berikan Pelatihan Kepala Bidang Industri Disdagperinkop dan UKM Kapuas, Ferdinan Junarko, SE, MA saat memberikan pelatihan tentang kreasi rotan dan kulit.
Sektor Kerajinan Rotan Menurun, Disdagperinkop Berupaya Tetap Berikan Pelatihan Kepala Bidang Industri Disdagperinkop dan UKM Kapuas, Ferdinan Junarko, SE, MA saat memberikan pelatihan tentang kreasi rotan dan kulit.

 KUALA KAPUAS - Plt. Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagperinkop dan UKM) Kabupaten Kapuas Batu Panahan melalui Kepala bidang Industri, Ferdinan Junarko, SE, MA saat dijumpai Rabu (27/01/2021) mengatakan, untuk kondisi saat ini dimasa pandemi Covid-19 khususnya sektor kerajinan rotan mengalami penurunan pesanan, terutama untuk memproduksi tikar dari rotan yang diekspor melalui Banjarmasin yang mengalami penurunan berdasarkan permintaan dari asia (Jepang dan China).

Lebih lanjut, Ferdinan mengungkapkan, untuk pesanan-pesanan tahun lalu pun belum sempat diekspor atau dikirim sehingga tikar-tikar ini masih ada pada pengrajin. Kemudian upaya sekarang dari Pemerintah Daerah walaupun dimasa Covid-19, yaitu pihaknya tetap memberikan kesempatan membina pengrajin-pengrajin yang ada di Kabupaten Kapuas.

(Baca Juga : DP3APP Kapuas Terima Kunjungan Kerja DP3A Tapin)

“Untuk itu beberapa waktu yang lalu kita sempat melakukan pelatihan bekerja sama dengan tenaga instruktur dari Yoygakarta, untuk melakukan kreasi rotan dan kulit sehingga dapat menumbuhkan kembali semangat para pengrajin supaya dapat terus memproduksi, untuk memulihan kembali permintaan terhadap produk-produk dari rotan,” terangnya.

Ia pun menyampaikan untuk produksi rotan yang sudah terbentuk, terdapat di Desa Pulau Telo Baru maupun Desa Pulau Telo Lama dan ada juga yang langsung memasarkan produk ini, tepatnya di Kecamatan Kapuas Barat khususnya Kelurahan Mandomai dan Desa Saka Mangkahai.

‘’Harapan kita bagi pengrajin yang sudah dibina serta ada juga bantuan dari Pemerintah Daerah, baik itu dalam bentuk peralatan teknologi sehingga nantinya bisa terus mengembangkan produksinya sebab produk dari rotan ini sangat menjanjikan,” ungkapnya. (hmskmf)

Share: