Jumat, 29 Maret 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Kesehatan

RSUD Kapuas Lakukan PKRS Tentang Penyakit Jantung Koroner

by RSUD KAPUAS - 2018-10-04 09:00:00 1,118 Dibaca
RSUD Kapuas Lakukan PKRS Tentang Penyakit Jantung Koroner
RSUD Kapuas Lakukan PKRS Tentang Penyakit Jantung Koroner

KUALA KAPUAS - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kabupaten Kapuas aktif lakukan Penyuluhan / Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS), Rabu (04/10) pagi, bertempat di Ruang Tunggu Poli Klinik Rawat Jalan RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas.

Adapun yang menyampaikan penyuluhan pada kesempatan itu adalah dr. M. Noorahmansyah selaku Dokter Internsip terkait tentang Penyakit Jantung Koroner. Ia menerangkan penyakit jantung koroner terjadi ketika otot jantung tidak mendapatkan cukup oksigen akibat tersumbatnya pembuluh darah. Penyumbatan terjadi karena adanya lemak yang tertimbun pada dinding arteri.

(Baca Juga : Hari Ginjal Sedunia 2023 Unit Hemodialisa Berikan Edukasi Kesehatan Tentang CAPD dan Penyuluhan Kesehatan Ginjal di Rawat Jalan RSUD Kapuas)

"Gejala Penyakit Jantung Koroner seperti nyeri dada di sebelah kiri menjalar ke leher, rahang, bahu, punggung kiri, dan lengan kiri, rasa sakit seperti ditindih, rasa panas, atau diremas, dicetuskan oleh aktivitas fisik, stress, atau emosi dan hilang dengan istirahat atau pemberian obat," jelasnya.

Rahman menerangkan, hal – hal yang memperbesar kemungkinan terkena jantung koroner antara lain, keturunan, faktor usia, gaya hidup, rokok, obesitas, alkohol, makanan berlemak, secara fisik tidak aktif, stress, tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes, dan asam urat.

"Pencegahan penyakit jantung koroner, dapat dilakukan dengan pengurangan faktor risiko seperti, berolahraga, berhenti merokok atau minum beralkohol, kurangi makanan berlemak (diet), hindari stress, penggunaan obat yang tepat, obat penurun kolesterol, obat anti hipertensi, obat diabetes, dan obat asam urat,"terangnya. (rsud/hmskmf)

Share: