Sabtu, 20 April 2024 Login
IMG-LOGO
Sekilas Info :
Ada Masalah Tentang Pembangunan & Pelayanan Publik Kapuas...! Silakan LAPOR Via SMS ke 1708 (ketik KAPUAS (spasi) Isi Aduan kirim ke 1708. Selamat Datang di Website SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi)
Berita Pimpinan

Ben Brahim Bersama Kapolres Kapuas Canangkan Desa Kampung Tangguh Nusantara

by Op.SIBER_4 - 2021-02-11 16:10:00 763 Dibaca
Ben Brahim Bersama Kapolres Kapuas Canangkan Desa Kampung Tangguh Nusantara PENCANANGAN – Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat saat menandatangani pencanangan Desa Kampung Tangguh Nusantara di Desa Bungai Jaya, Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas, Kamis (11/2/2021).
Ben Brahim Bersama Kapolres Kapuas Canangkan Desa Kampung Tangguh Nusantara SAMBUTAN – Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan pencanangan Desa Kampung Tangguh Nusantara, di Desa Bungai Jaya, Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas, Kamis (11/2/2021).

 

KUALA KAPUAS – Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas bersama Polres Kapuas mencanangkan Desa Kampung Tangguh Nusantara yang kali ini dicanangkan di Desa Bungai Jaya, Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas, Kamis (11/2/2021).

(Baca Juga : Pasar Murah Ramadhan Berlanjut di Kecamatan Bataguh)

Pencanangan ini ditandai dengan dilakukannya penandatanganan bersama secara langsung antara pihak Pemkab Kapuas yang dalam hal ini Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dan Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti serta perwakilan Kodim 1011/KLK.

Tampak hadir dalam kegiatan pencanangan ini Anggota DPR RI Komisi III Dapil Kalteng Ary Egahni Ben Bahat, Sekretaris Daerah Kapuas Septedy, unsur Forkopimda, jajaran Kepala Perangkat Daerah Kapuas, Camat Basarang Yaya, para Kepala Desa se-Kecamatan Basarang dan para tokoh masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Ben Brahim mengapresiasi atas inisiasi dari Kapolres Kapuas, sehingga desa Kampung Tangguh Nusantara ini dapat dicanangkan di Desa Bungai Jaya. “Saya harapkan juga desa-desa lain di Kabupaten Kapuas, dapat juga dicanangkan sebagai Kampung Tangguh Nusantara,” ucap Ben.

Lebih lanjut, menanggapi perihal sebagian wilayah di Kecamatan Basarang yang masuk dalam kawasan hutan lindung, Ben mengungkapkan apabila kawasan tersebut masuk kedalam area Food Estate atau kawasan desa, maka status kawasan hutan lindung itu dapat diurus, untuk selanjutnya dijadikan sebagai kawasan Areal Penggunaan Lain (APL). “Statusnya dapat kita urus untuk menjadi Kawasan APL karena dinilai dapat berpotensi untuk dijadikan sebagai lahan pertanian masyarakat,” tambahnya.

Kemudian, Bupati Kapuas itu meminta kepada seluruh jajarannya agar bersama-sama berkomitmen dalam membangun Kabupaten Kapuas sehingga dapat semakin lebih baik lagi kedepannya.

“Apabila rasa persaudaraan terbangun dengan baik, maka kesejahteraan masyarakat dapat terwujudkan. Kembali lagi kunci keberhasilan didalam bekerja adalah bagaimana kita menyatukan perbedaan sehingga dapat menjadi satu,” tutur Ben Brahim.

Tidak lupa, dirinya juga mengingatkan akan pentingnya menjaga kerukunan, persatuan dan persaudaraan satu dengan yang lainnya, tanpa saling membedakan. “Sekali lagi saya menyampaikan rasa bangga saya dengan dicanangkannya Kampung Tangguh Nusantara ini. Mari kita bersama-sama menjaga kerukunan dan kedamaian Kabupaten Kapuas yang kita cintai ini,” tutup Ben diakhir sambutannya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Anggota DPR RI Dapil Kalteng Ary Egahni Ben Bahat yang ikut berhadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan apresiasinya kepada pihak Polres dan Pemkab Kapuas, karena sudah ada 45 desa di Kabupaten Kapuas yang dicanangkan sebagai Desa Kampung Tangguh Nusantara.

“Harapan kita Pemerintah ditingkat desa dapat menjalankan program tersebut sehingga masyarakatnya menjadi tangguh dalam meminimalkan penyebaran Covid-19, mulai dari tingkat desa bahkan RT/RW agar selalu bekerja sama dengan konsisten dalam mensukseskan program ini,” kata Ary Egahni.

Pada kesempatan yang sama juga, Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti mengungkapkan, diwilayah Kabupaten Kapuas sudah ada sebanyak 45 desa yang dicanangkan sebagai Desa Kampung Tangguh Nusantara. “Ada 3 hal untuk suatu desa dapat dicanangkan sebagai Kampung Tangguh Nusantara diantaranya tangguh terhadap pandemi Covid-19, tangguh dalam hal penanganan Karhutla dan yang ketiga yaitu tangguh dalam hal ketahanan pangan,” jelasnya.

Dirinya juga menuturkan, belum lama ini pihak Polres Kapuas bersama Pemkab Kapuas telah mendirikan posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro yang mana berfungsi guna mengajak masyarakat untuk bersama-sama dalam melawan Covid-19 dengan disiplin protokol kesehatan. (hmskmf)

Share: