Penggiat Minat Baca

Kontribusi dari ADMIN SIBER, 09 Oktober 2018 15:49, Dibaca 661 kali.

Oleh :

Dr. Rusma Noortyani, M.Pd (Dosen FKIP ULM/Ketua Yayasan Nur Amalia)

(Baca Juga : 197 Formasi CPNS Kapuas Resmi Diumumkan )

 

Upaya mendekatkan masyarakat dengan budaya membaca muncul dari penggiat literasi untuk menciptakan pemerataan distribusi buku sehingga mendorong tercapainya peningkatan baca. Masyarakat yang memiliki komitmen untuk menjadi bagian dari penggiat minat baca itu dapat dilakukan di berbagai tempat. Saat guru dan orang tua berniat untuk menanamkan minat baca pada peserta didik. Seorang guru dan orang tua berusaha menampakkan keantusiasan membaca. Asumsi sekadar hobi membaca tidak memberi pengaruh besar dalam menularkan minat baca pada peserta didik.

Hobi membaca buku yang timbul bukan hanya karena sekadar menirukan kebiasaan seseorang atau karena dicontohkan oleh orang terdekat, melainkan karena sebagai subjek terlibat langsung, baik fisik maupun emosional dalam melakukan aktivitas tersebut. Keterlibatan yang dapat menumbuhkan kebiasaan harus dilakukan secara berulang-ulang serta dalam jangka waktu yang cukup panjang. Hal ini dapat dimaknai bisa karena terbiasa. Jika guru dan orang tua tidak melibatkan secara langsung peserta didik, tetapi hanya memperlihatkan sebagai contoh saja pengaruhnya masih sangat minim. Ini artinya masih sangat sulit untuk tertarik pada buku.

Tugas untuk melatih kemampuan membaca peserta didik dapat dilaksanakan dengan mengakrabkan mereka dengan buku. Peserta didik dapat menempatkan buku sebagai teman. Selama peserta didik menikmati yang dibaca, disitulah penghargaan yang didapat. Peserta didik diminta membaca buku demi kegiatan membaca, menikmati aktivitas membaca, sehingga akhirnya tertanam kesan bahwa buku adalah teman membagi waktu.

Fotografer senior Arbain Rambey (2018) memprediksi ke depan orang akan semakin malas membaca. Di masa depan foto dan video yang akan menguasai pemberitaan. Menurutnya visual dan verbal memiliki keunggulan tersendiri dalam menjelaskan peristiwa. Visual akan bisa menjelaskan secara keseluruhan tentang sesuatu. Komunikasi visual mengkombinasikan lambang, tipografi, gambar, desain grafis, ilustrasi dalam penyampaiannya dengan penggunaan media penggambaran yang hanya terbaca oleh indra penglihatan. Komunikasi verbal berarti komunikasi yang disampaikan secara lisan, tulisan, maupun gambar. Berdasarkan informasi Pelaksana Tugas Kadis Kominfo Kabupaten Kapuas Dr. H. Suwarno Muriyat tentang Program SIBER (Sistem Informasi Berita Terintegrasi) meliputi media cetak koran, majalah, online, medsos, radio, TV chanel Kapuas yang dikelola Dinas Kominfo Kab. Kapuas. Dengan sistem ini informasi didapat melalui berbagai cara dan tentu saja akan menarik perhatian pembaca. Harapannya daya baca masyarakat dapat meningkat. Sistem ini pun telah mendapatkan penghargaan dari Indonesia Digital Economy Award (IDEA) tahun 2016.

Harapan pada guru dan orang tua dapat mulai menanamkan paham bahwa buku menjadi sahabat. Bahwa buku cukup dinikmati, tanpa harus ada ekspektasi tinggi dari kegiatan membaca. Bila banyak isinya yang kita ingat, tentu akan sangat baik. Tetapi bila hanya sedikit, itu bukan masalah. Karena kegiatan membaca itu sudah menjadi sesuatu yang berharga dan menyenangkan. Agar memudahkan dalam mengingat isi bacaan dapat dilakukan dengan metode baca berikut: (1) Survey Question Read Recite Review (SQ3R), (2) Survey Question Read Recite Rite Review (SQ4R), (3) Purpose Overview Interpret Note Test (POINT), (4) Overview Key Ideas Read Summarize Test (OK4R), (5) Preview Question Read Summarize Test (PQRST), (6) Review Study Verbalize Preview (RSVP), (7) Explore Ask Read Tell Harvest (EARTH), (8) Overview Ask Read Evaluate Test (OARWET), (9) Purpose Adaptability Need to Question Overview Read Annotate Memorize Access (PANORAMA). Dengan mengenal dan mengaplikasikan metode baca ini harapan di masa depan minat baca bangsa ini semakin meningkat. Karena bangsa yang rajin membaca adalah bangsa yang memiliki masa depan lebih baik.

Kontak Kami


Kantor

Sekretariat : Jl. Pemuda Km. 5,5 Kuala Kapuas(Kantor Dinas Kominfo Kab. Kapuas)

Telpon
(0513) 201010 -- Fax (0513) 201010 HP. 0852 5196 1352

Email
ppid@kapuaskab.go.id

Website
kip.kapuaskab.go.id


Peta